Anies Baswedan: Jangan Pesimistis, Nyatanya Kita Bisa Turunkan Tingkat Kegawatan Covid-19

Oleh Ika Defianti pada 26 Jul 2021, 20:42 WIB
Diperbarui 26 Jul 2021, 20:42 WIB
Anies Baswedan
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat di balkon rumah dinas Jalan Suropati, Menteng, Kamis (3/12/2020). Anies Baswedan yang masih melakukan isolasi mandiri di rumah dinas gubernur karena positif Covid-19 menyempatkan diri untuk berolahraga pada pagi ini (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga tidak pesimistis dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dia mengatakan, saat ini, penurunan kasus aktif merupakan bentuk keberhasilan dari kedisiplinan masyarakat.

"Izinkan saya mengajak kepada seluruh warga Jakarta, jangan pesimis. Nyatanya kita bisa bersama-sama mulai menurunkan tingkat kegawatan situasi," kata Anies Baswedan dalam YouTube Pemprov DKI Jakarta, Senin (26/7/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, beberapa minggu terakhir, Jakarta masuk dalam situasi genting. Kasus aktif di Jakarta pernah mencapai 113 ribu orang.

Namun saat ini, lanjut dia, kondisi berangsur-angsur membaik. Karena itu, dia meminta masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan.

"Artinya jangan lengah, jangan kendor, jangan sampai gelombang perbaikan yang sudah mulai terasa ini lalu berhenti atau malah berbalik lagi karena kita lengah, kita kendor, kita tidak disiplin," papar Anies.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kurangi Mobilitas

Anies juga meminta masyarakat tetap mengurangi mobilitasnya. Sebab menjalankan protokol kesehatan merupakan wujud tanggung jawab bersama.

"Dan bagi perusahaan-perusahaan, jangan paksakan karyawan masuk bila itu merisikokan protokol kesehatan di kantor anda. Ini adalah wujud dari tanggung jawab kita untuk sama-sama menghentikan penyebaran Covid-19," ujar dia.

Sementara itu, Anies terus meminta kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Lanjut dia, semakin tinggi tingkat vaksinasi makan semakin rendah tingkat resiko

"Jadi kita menyaksikan laporan di lapangan bahwa vaksinasi menurunkan resiko fatalitas secara signifikan. Jadi resikonya itu jauh lebih rendah bagi mereka yang sudah tervaksin," jelas dia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya