Mendagri Minta Gubernur Papua Gunakan Istilah PPKM Berlevel daripada Lockdown

Oleh Ika Defianti pada 26 Jul 2021, 15:36 WIB
Diperbarui 26 Jul 2021, 16:02 WIB
PPKM Mikro Kembali Diperpanjang, Mendagri Ingatkan Masyarakat Terapkan 5M
Perbesar
Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepada Pemerintah Provinsi Papua untuk menggunakan istilah PPKM daripada lockdown. Kata dia, penggunaan kata lockdown akan membingungkan masyarakat.

Sebab, saat ini Indonesia tengah memperpanjang pelaksanaan PPKM.

"Saya sudah komunikasikan ke Pak Gubernur, jadi kita gunakan istilah PPKM level 4 level 3, bukan istilah lockdown. Kalau lockdown, nanti masyarakat jadi bingung. Belum tentu seluruh masyarakat memahami arti lockdown," kata Tito saat konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (26/7/2021).

Lanjut dia, saat ini terdapat sejumlah kota di Papua yang menerapkan PPKM Level 4, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Lalu Tito juga meminta agar Gubernur Papua Lukas Enembe dapat segera menggelar rapat bersama Forkopimda untuk pelaksanaan PPKM yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021.

"Nanti kita evaluasi lagi. Kita berharap terjadi penurunan kasus di Papua seperti harapan Bapak Gubernur dan masyarakat di sana, kemudian BOR-nya juga makin menurun," jelas Tito.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pemprov Papua Berencana Lockdown

Sebelumnya, Provinsi Papua bakal menutup rapat-rapat alias lockdown wilayahnya demi memutus penyebaran Covid-19. Gubernur Papua Lukas Enembe meminta warganya untuk bersiap untuk menghadapi kebijakan tersebut.

Juru Bicara Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus di Jayapura, Selasa (20/7/2021) mengatakan direncanakan Pemerintah Provinsi Papua akan menutup akses keluar dan masuk, baik jalur penerbangan maupun perairan.

"Penutupan tersebut diperkirakan akan berlangsung pada 1 Agustus-31 Agustus 2021," katanya.

Menurut Rifai Darus, kebijakan ini akan dibahas dan dimatangkan lebih lanjut pada rapat evaluasi oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua, hari ini Rabu, (21/7/2021).

"Pada Senin (19/7/2021) Gubernur Papua Lukas Enembe beserta kepala daerah lainnya dari seluruh Indonesia menghadiri rapat terbatas melalui pertemuan virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo berkenaan dengan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia," ujarnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya