107 Warga Jakarta Pusat Dilaporkan Meninggal Saat Jalani Isolasi Mandiri

Oleh Liputan6.com pada 24 Jul 2021, 16:28 WIB
Diperbarui 24 Jul 2021, 16:28 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri, isoman, COVID-19
Perbesar
Ilustrasi isolasi mandiri, isoman, COVID-19. (Photo by Erik Mclean on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 107 warga Jakarta Pusat dilaporkan meninggal dunia saat tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19

Hal ini diungkap Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma usai meninjau kegiatan vaksinasi di Johar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (24/7/2021) dilansir Antara.

"Berdasarkan data terakhir itu, ada 107 warga Jakarta Pusat meninggal saat isoman (isolasi mandiri). Rata-rata yang meninggal itu umumnya lansia (lanjut usia)," kata Dhany saat menjawab pertanyaan awak media.

Dhany menjelaskan bahwa berdasarkan data terakhir, ada 107 permintaan pemulasaraan jenazah dengan protokol kesehatan.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar warga dapat mengantisipasi dengan menyampaikan informasi secara terbuka. Saat menjalani isolasi mandiri, lanjut Dhany, warga harus melaporkan kondisinya ke RT maupun RW setempat.

"Misalnya dalam lingkungan itu ada yang kena, ya laporkan ke posko. Nanti (petugas) posko itu akan mendatangi untuk mengecek, memantau kesehatannya, kemudian melakukan PCR. Setelah itu bisa dilacak," ucap Dhany. 

  

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Lapor RT/RW Saat Isoman

Jika warga melakukan isolasi mandiri tanpa melaporkan ke RT/RW setempat, dikhawatirkan mereka mengalami gejala yang semakin berat dan kasus kematian tidak bisa diantisipasi.

"Yang kita lakukan adalah keterbukaan dan peran RT, RW dan dasawisma. Kalau ada warga yang sakit di rumah, laporkan. Kita imbau juga kepada penghuni rumah untuk memberikan informasi ke RT agar disampaikan ke posko," kata Dhany.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya