Sukses

Jokowi Cek Obat Covid-19 di Apotek Bogor, Tapi Semua Kosong

Presiden Jokowi mengecek langsung ketersediaan obat terapi Covid-19 di salah satu apotek di kawasan Bogor Jawa Barat, Jumat (23/7/2021).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengecek langsung ketersediaan obat terapi Covid-19 di salah satu apotek di kawasan Bogor Jawa Barat, Jumat (23/7/2021). Kunjungan Jokowi tersebut dilakukan secara mendadak.

"Iya. Cek obat, stok di apotek adakah gitu," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budo Hartono saat dikonfirmasi, Jumat.

Berdasarkan video yang beredar, Jokowi mengenakan kemeja putih dan masker bewarna hitam. Setibanya di apotek, dia langsung dilayani oleh salah satu apoteker yang tengah bertugas.

"Saya mau ini, mau cari obat antivirus yang Oseltamivir," tanya Jokowi kepada apoteker.

Adapun Oseltamivir adalah salah satu obat Covid-19. Sayangnya, obat yang dicari Jokowi sedang tak tersedia di apotek tersebut.

"Oseltamivir sudah kosong, Pak," ucap apoteker.

"Terus saya cari ke mana kalau mau cari," tanya Jokowi kembali.

Sang penjaga apotek pun terlihat bingung menjawab pertanyaan Jokowi. Pasalnya, dia pun saat ini juga tak mendapat stok Oseltamivir.

"Sudah berapa hari enggak ada?" Jokowi bertanya lagi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lama Tak Tersedia

Penjaga apotek itu mengatakan bahwa obat Oseltamivir sudah lama tak tersedia dia apoteknya. Jokowi lalu menanyakan obat Covid-19 dengan merek lain, namun lagi-lagi tak tersedia.

"Oseltamivir yang generik sudah lama (kosong), Pak. Kemarin ada merek Fluvir itu patennya, tapi itu sekarang juga sudah kosong," jelas apoteker.

"Kalau Favipiravir?" tanya Jokowi.

"Enggak ada juga," kata penjaga apotek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Obat Covid-19