6 Nasihat Megawati untuk Anak-Anak Indonesia di Hari Anak Nasional 2021

Oleh Maria Flora pada 24 Jul 2021, 06:30 WIB
Diperbarui 24 Jul 2021, 06:30 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Perbesar
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menerima penghargaan dari MURI. (Sumber: dokumentasi PDIP).

Liputan6.com, Jakarta - Banyak harapan yang digantungkan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri kepada anak-anak Indonesia di puncak peringatan Hari Anak Nasional, Jumat (23/7/2021).

Megawati yang hadir secara vitual di Hari Anak Nasional 2021, meminta anak-anak selalu optimistis meraih cita-cita dan tak kenal kata menyerah. Mega juga mengingatkan untuk selalu percaya diri dan bangga pada jati diri bangsa.

"Perkuatlah rasa percaya diri, karena bangga dengan jati diri dan kebudyaaan bangsamu itulah yang akan mengangkat kamu," kata Megawati, Jumat.

Tak cukup sampai di situ, Ketua Umum PDIP ini juga mengingatkan anak-anak Indonesia untuk selalu menghargai dan menghormati seorang guru. Hal ini dikatakanya, karena saat ini rasa hormat anak pada gurunya dinilai sangat memprihatinkan.

Megawati juga mengungkap pentingnya belajar dari luar dan alam, bukan hanya terpaku pada pelajaran formal di sekolah.

"Jangan sekali kali, jangan terpaku pada pelajaran formal di sekolah. Karena kalau dihitung kita belajar di sekolah tidak sampai satu hari. Jadi hari jam jam kelebihan itu carilah pengetahuan di mana saja. Kita bisa melihat guru yang paling baik itu adalah alam semesta," ujar Mega.

Berikut sederet nasihat Megawati pada anak-anak Indonesia di Hari Anak Nasional:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Raih Cita-Cita Setinggi Bintang

Megawati berpesan agar anak-anak Indonesia rajin belajar dan tidak menjadi malas. Ia menyebut, seorang anak harus mau memilki cita-cita tinggi.

"Anak-anakku di seluruh Tanah Air harus mempunyai cita cita yang besar. Jadikanlah dirimu selalu maju ke depan mempelajarai hal-hal yang berguna bagi masa depan bangsa dan bagi dirimu sendiri. Perkuatlah rasa percaya diri, karena bangga dengan jati diri dan kebudyaaan bangsamu itulah yang akan mengangkat kamu," kata Megawati, Jumat.

Ketua Umum PDIP itu juga menyebut bahwa cita-cita anak Indonesia harus optimistis bahkan setinggi bintang di langit.

"Bung Karno bapak bangsa kita pernah mengatakan, gantungkanlah cita-cita mu setinggi bintang di langit, kenapa? Kalau kamu jatuh, jatuhnya ke bintang-bintang tersebut. Alangkah indahnya mimpi seperti itu," ujar Mega. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Jangan Hanya Pandai di Sekolah

Untuk menggapai cita-cita, Megawati menyarankan agar tidak hanya pandai di sekolah, melainkan juga tetap belajar dari luar dan alam.

"Jangan sekali kali, jangan terpaku pada pelajaran formal di sekolah. Karena kalau dihitung kita belajar di sekolah tidak sampai satu hari. Jadi hari jam jam kelebihan itu carilah pengetahuan di mana saja. Kita bisa melihat guru yang paling baik itu adalah alam semesta," ujarnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Hormati Guru

Mega sempat menyatakan keprihatinannya karena generasi muda saat ini dinilai kurang menghormati guru.

"Kalau Ibu dengar, Ibu sedih, banyak anak anak sekarang tidak menghormati guru gurunya, padahal dari guru guru itulah kita mendapatkan pelajaran formal disekolah," katanya saat hadir dalam Puncak Hari Anak Nasional secara virtual, Jumat (23/7/2021).

Tetapi, menurutnya, guru paling istimewa adalah guru alam. Megawati bilang, bahwa seluruh warga negara Indonesia termasuk anak-anak mempunyai hak yang sama dan setara.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Miliki Jiwa Pejuang dan Jangan Malas

Ketua Umum PDI Perjuangan ini juga mengajak anak-anak memiliki jiwa pejuang. Tidak boleh malas, bodoh, dan kalah dengan yang lain.

"Tapi Ibu punya fighting spirit, saya tidak mau jadi bodoh, makanya ada yang mengunggah dari badan kita sendiri, oh saya enggak mau malas, supaya pintar tidak mau sama anak-anak lain saya kalah. Nah sebenarnya seperti itulah," pungkas Megawati. 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Punya Hak yang Sama Peroleh Pendidikan

Megawati pun mengingatkan bahwa seluruh anak Indonesia memilki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan.

"Tentunya kita tak mau dibedakan, seluruh warga negara Indonesia termasuk anak-anak mempunyai hak yang sama dan setara. Ayo berjuang anak anaku selalu harus belajar jangan malas," ujarnya.

"Ibu juga pernah jadi anak-anak, ibu juga pernah malas. Tetapi ibu punya fighting spirit, tak mau jadi bodoh. Makanya ada yang menggugah dari badan kita sendiri, oh saya enggak mau malas supaya pintar," tambah Mega. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Tidak Boleh Rendah Diri

Mega juga berpesan kepada anak-anak Indonesia untuk tidak boleh rendah diri apapun latar belakang keluarga atau orangtuanya. Ia menyebut seorang anak petani harus bisa menjadi insinyur pertanian.

"Jangan kita malu atau menjadi rendah diri, bahwa kalau ayah ibu kita petani jadilah kamu insinyur pertanian, itu sebenarnya kemauan Ibu. Dan saya yakin anak-anak Indonesia sangat memiliki kemampuan dan harapan," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya