Sukses

Hari Anak Nasional 2021, Megawati Ajak Anak Indonesia Bercita-cita Setinggi Bintang

Dalam peringatan Hari Anak Nasional, Megawati juga berpesan agar anak-anak Indonesia rajin belajar dan tidak menjadi malas.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri hadir dalam acara puncak Hari Anak Nasional 2021 yang digelar secara virtual, Jumat (23/7/2021). Megawati berpesan agar anak-anak Indonesia rajin belajar dan tidak menjadi malas. Ia menyebut, seorang anak harus mau memilki cita-cita tinggi.

"Anak-anakku di seluruh Tanah Air harus mempunyai cita cita yang besar. Jadikanlah dirimu selalu maju ke depan mempelajarai hal-hal yang berguna bagi masa depan bangsa dan bagi dirimu sendiri. Perkuatlah rasa percaya diri, karena bangga dengan jati diri dan kebudyaaan bangsamu itulah yang akan mengangkat kamu," kata Megawati, Jumat.

Ketua Umum PDIP itu juga menyebut bahwa cita-cita anak Indonesia harus optimistis bahkan setinggi bintang di langit.

"Bung Karno bapak bangsa kita pernah mengatakan, gantungkanlah cita-cita mu setinggi bintang di langit, kenapa? Kalau kamu jatuh, jatuhnya ke bintang-bintang tersebut. Alangkah indahnya mimpi seperti itu," ujar Mega. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Megawati: Belajar dari Luar dan Alam

Untuk menggapai cita-cita, Megawati menyarankan agar tidak hanya pandai di sekolah, melainkan juga tetap belajar dari luar dan alam.

"Jangan sekali kali, jangan terpaku pada pelajaran formal di sekolah. Karena kalau dihitung kita belajar di sekolah tidak sampai satu hari. Jadi hari jam jam kelebihan itu carilah pengetahuan di mana saja. Kita bisa melihat guru yang paling baik itu adalah alam semesta," ujarnya.

Selain itu, Mega mengingatkan agar anak-anak selalu menghormati para guru.

"Ibu sedih banyak anak anak sekarang tidak menghormati guru-gurunya, padahal dari guru kita mendapatkan pelajaran formal sekolah," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.