Sukses

BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Sumatera. Daerah konvergensi terpantau memanjang dari Jawa Barat hingga Lampung dan di Papua.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, Jumat (23/7/2021).

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG di Jakarta, disampaikan potensi hujan sedang hingga lebat diperingatkan untuk Provinsi Riau, Bengkulu, Lampung, Banten.

Kondisi serupa juga diprakirakan terjadi di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

BMKG menyampaikan, sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Sumatera. Daerah konvergensi terpantau memanjang dari Jawa Barat hingga Lampung dan di Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Sementara itu, BMKG juga meminta masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Timur untuk mewaspadai potensi kebakaran hutan atau lahan.

Sementara itu, seluruh wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu diprakirakan diguyur hujan sedang-ringan sepanjang Jumat sampai dengan malam hari.

BMKG mengeluarkan peringatan potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di DKI Jakarta pada malam dan sore hari.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hujan Ringan Malam Hari

Pada siang hari, Jakarta Selatan diperkirakan hujan petir, sedangkan lainnya seperti Jakarta Utara, Barat, Pusat dan Kepulauan Seribu hanya hujan ringan. Sementara itu, Jakarta Timur diperkirakan hujan sedang.

Beralih pada malam hari, seluruh wilayah DKI Jakarta diguyur hujan ringan, sedangkan Kepulauan Seribu hujan sedang.

Hujan akan berhenti pada dini hari dengan prakiraan cuaca BMKG berawan di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.