Sukses

Ketua Satgas Covid-19: Ajak Keluarga Vaksinasi, Agar Jaga Diri dan Sehat

Menurut Ganip, program vaksinasi Covid-19 diselenggarakan sesuai perintah Presiden Jokowi dan dilakukan demi tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito mengajak masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 agar tetap sehat dan memiliki ketahanan tubuh lebih terhadap virus Corona.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Rumah Susun (Rusun) Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Sudah divaksin ya? ajak keluargamu untuk ikut vaksin. Ini semua agar menjaga diri kita dan tetap sehat," tutur Ganip sambil berbincang dengan warga di lokasi, Kamis (22/7/2021).

Menurut Ganip, program vaksinasi diselenggarakan sesuai perintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan dilakukan demi tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity. Vaksinasi diharapkan dapat membuat masyarakat terjaga dari Covid-19.

"Tentunya harus diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan dilaksanakan secara konsisten," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menambahkan, vaksinasi Covid-19 menjadi contoh nyata upaya pemerintah untuk menjamin keselamatan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kami menyasar mana wilayah yang vaksinasinya masih rendah," ujar Hadi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Jemput Bola

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, program vaksinasi juga merupakan upaya jemput bola pemerintah ke masyarakat. Sasarannya termasuk wilayah permukiman padat penduduk yang belum terjangkau, seperti Rusun Petamburan dan sekitarnya.

"Ini adalah kegiatan jemput bola ke wilayah yang belum terjangkau dan tentunya ini adalah tentang bagaimana kita mengejar herd immunity," terang Listyo.

Iswandi, salah satu warga penerima vaksin yang tinggal di Rusun Petamburan mengungkapkan bahwa program vaksinasi pemerintah yang menyasar di lokasi-lokasi permukiman padat penduduk tersebut sangat membantu. Masyarakat jadi lebih mudah untuk mengikuti program tersebut.

Warga cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja dan tidak perlu ke puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya. Hal itu membuat masyarakat lebih bersemangat untuk mengikuti vaksinasi.

"Memudahkan kita-kita ini. Jadi enggak jauh. Bagus sekali. Saya dulu ragu (divaksin). Tapi sekarang yakin, karena itu untuk kita-kita juga ke depannya, untuk jangka panjang. Jadi kita semakin tenang," jelas Iswandi.

Adapun pelaksanaan vaksinasi yang diinisiasi oleh sinergitas empat pilar mulai dari Kecamatan Tanah Abang, Koramil Tanah Abang, Polsek Tanah Abang, dan Dinas Kesehatan setempat itu telah diselenggarakan sejak Kamis 15 Juli 2021. Rencananya, kegiatan tersebut akan terus dilakukan hingga akhir bulan Juli 2021 dengan target 500 orang per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.