Kemenkumham Pindahkan Dua Narapidana Bandar Narkoba ke Lapas Nusakambangan

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 21 Jul 2021, 04:06 WIB
Diperbarui 21 Jul 2021, 04:06 WIB
Pagar besi berkawat beraliran listrik tegangan tinggi mengelilingi kompleks Lapas ‘High Risk’ Karanganyar, Nusakambangan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Pagar besi berkawat beraliran listrik tegangan tinggi mengelilingi kompleks Lapas ‘High Risk’ Karanganyar, Nusakambangan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memindahkan dua narapidana yang merupakan bandar narkoba dari Lapas Kelas I Cipinang ke Batu Nusakambangan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Lapas Kelas I Cipinang Tonny Nainggolan.

"Dua narapidana tersebut dipindahkan untuk mengikuti pembinaan lanjutan," kata Tonny, Selasa (20/7/2021).

Seperti dilansir dari Antara, dia mengungkapkan, pemindahan dua narapidana ini sebagai bentuk komitmen pihakanya untuk memberantas peredaran narkoba.

Pemindahan dua narapidana kasus narkoba tersebut berdasarkan surat dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta nomor: W.10.PK.01.01.02-519 tertanggal 19 Juli 2021.

"Dua narapidana kasus narkoba yang dipindahkan, yaitu AA dan RG," kata Tonny.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Proses Pengecekan

Sebelum dipindahkan, petugas Lapas dibantu pihak kepolisian terlebih dahulu menggeledah kedua narapidana tersebut. Tujuannya untuk memastikan mereka bebas dari barang terlarang.

Pemindahan kedua narapidana juga dikawal ketat dengan melibatkan empat personel dari Polsek Jatinegara dan empat petugas Lapas Kelas I Cipinang.

"Proses pemindahan kedua narapidana tersebut berjalan lancar dan aman dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Tonny.

Dengan pemindahan dua narapidana tersebut total terdapat 671 narapidana kategori bandar narkotika yang telah dipindahkan ke Nusakambangan pada periode 2020 hingga Selasa (20/7).

Kurun waktu 2020 hingga Mei 2021, pemasyarakatan juga telah berhasil menggagalkan 286 kasus penyelundupan narkoba ke dalam Lapas dan rumah tahanan negara yang dilakukan dengan berbagai modus.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya