Sukses

Jokowi: Ringankan Masyarakat, Pemerintah Tambah Anggaran Perlindungan Sosial

Jokowi mengatakan, dengan masih berlakunya kebijakan tersebut, pemerintah akan memberikan bantuan perlindungan sosial bagi yang terdampak.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan PPKM Darurat akan ditinjau kembali untuk dipelonggar 26 Juli 2021.

Karena itu, dengan masih berlakunya kebijakan tersebut, pemerintah akan memberikan bantuan perlindungan sosial bagi yang terdampak.

Menurut dia, pemerintah sudah menambah anggaran perlindungan Rp 55,21 triliun. Yang nanti disebar dalam sejumlah bantuan sosial atau bansos.

"Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pemerintah mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp55,21 triliun berupa bantuan tunai yaitu BST, BLT desa, kemudian PKH, juga bantuan sembako, bantuan kuota internet dan subsidi listrik diteruskan," kata Jokowi dalam konferensi pers secara daring, Selasa (20/7/2021).

Selain itu, menurut dia, pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal.

"Pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar Rp1,2 juta untuk sekitar 1 juta usaha mikro," ungkap Jokowi.

Dia pun sudah meminta para menterinya untuk segera menyalurkan bansos tersebut.

"Dan Saya sudah memerintahkan kepada para menteri terkait untuk segera menyalurkan bansos tersebut kepada warga masyarakat yang berhak," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Terus Bagikan Paket Obat Gratis

Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih memberlakukan PPKM Darurat setidaknya sampai 25 Juli 2021.

Menurut dia, selama itu, pemerintah akan terus membagikan obat gratis bagi warga yang melakukan isolasi mandiri dan termasuk pasien Covid-19 yang tanpa gejala dan ringan.

"Pemerintah akan terus membagikan membagikan paket obat gratis untuk OTG dan yang bergejala ringan yang direncanakan sejumlah dua juta paket obat." kata Jokowi dalam konferensi pers secara daring, Selasa (20/7/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PPKM Darurat adalah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang hanya diterapkan di wilayah Jawa-Bali.

    PPKM Darurat

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • bantuan sosial