Sukses

Buka Takbiran Online, Jokowi Bawa Pesan Berkurban untuk Lawan Pandemi Covid-19

Jokowi menyatakan, Idul Adha mengandung pesan mulia yakni pengorbanan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggemakan takbir pada malam Idul Adha 2021 secara daring atau online. Jokowi mengamini, perayaan Iudl Adha tahun ini diselenggarakan secara sederhana akibat pandemi Covid-19 yang belum terkendali.

"Idul Adha tahun ini kita rayakan secara sederhana dengan tetap patuhi protokol kesehatan, namun tak mengurangi kehikmatan kita sampaikan rasa syukur kepada Allah," kata Jokowi seperti dikutip dari siaran langsung daring, Senin (19/7/2021).

Jokowi menyatakan, Idul Adha mengandung pesan mulia yakni pengorbanan. Menurut dia, hal itu bermakna pesan universal dan aktual yang patut menjadi pegangan di saat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

"Kita perlu kesediaan berkorban mendahulukan kepentingan bersama dalam ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniah dan ukhuwah insaniah yang akan mampu melipatkgandakan energi kita untuk optimis bangkit bersama," tegas Jokowi.

Jokowi berharap, dengan mengoptimalkan ikhtiar melawan pandemi maka dengan bersama dengan disipilin protokol kesehatan, dapat bersamamemetik hikmah pengorbanan nabi Ibrahim saat melawan pandemi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa dan Takbir di Rumah

"Kita berdoa dan bertakbir dari rumah kita berdoa agar pandemi berlalu, kita bersama memohon kepada Allah untuk kesembuhan saudara kita yang sakit, yang sedang melakukan tugas kemanusiaan, semoga Allah memberikan kekuatan dalam segala ujian dan cobaan," Jokowi menandasi.

"Semoga Allah meridhoi semua upaya langkah kita sampai kita menacapai kemenangan melawan pandemi, Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa ilaaha illallahu waallaahu akbar, Allaahu akbar walillaahil hamd," tutup Jokowi.

3 dari 3 halaman

Infografis Ketentuan Takbiran dan Salat Idul Adha 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.