Langkah Anies Baswedan Antisipasi Warga Jakarta Kesusahan Saat Jalani Isoman

Oleh Ika Defianti pada 19 Jul 2021, 17:46 WIB
Diperbarui 19 Jul 2021, 17:46 WIB
Intip Aktivitas Pasein COVID-19 saat Jalani Isolasi Mandiri
Perbesar
Pasien Covid dengan status Orang Tanpa Gejala beraktivitas di Graha Wisata Taman Mini, Jakarta Timur, Minggu (20/6/2021). Sejumlah wisma yang disiapkan Pemprov DKI untuk isolasi pasien Corona sudah terisi 80 persen, persabtu (19/06/2021). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar para lurah dan camat setiap wilayah melakukan pencatatan untuk warganya yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Menurutnya, hal itu untuk dapat membantu memenuhi kebutuhan para keluarga yang menjalani isoman.

"Kami pun menugaskan kepada lurah, camat untuk mengidentifikasi semua orang di wilayahnya yang sedang isolasi mandiri sehingga mereka kebutuhan pokoknya terpenuhi, kebutuhan obatnya terpenuhi," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (19/7/2021).

Selain itu, dia juga meminta agar para warga yang sedang isoman di rumah dapat menginformasikan kepada RT dan RW setempat bila membutuhkan bantuan. Tindakan tersebut guna mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti meninggal dunia.

"Apabila merasakan gejala memerlukan bantuan bagi yang bersangkutan mohon untuk bisa mengabari kepada ketua RT/RW gugus tugas," ucap dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengimbau masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas telemedicine saat isoman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Terus Dampingi

Anies juga meminta jajarannya untuk memberikan pendampingan kepada warga yang tidak dapat menggunakan fasilitas konsultasi digital tersebut.

"Karena seluruh konsultasi menggunakan alat digital, sebagian dari masyarakat tidak bisa, nah ada pendampingan untuk bisa membantu itu," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya