Mahfud Md Imbau Masyarakat Salat Idul Adha di Rumah

Oleh Yopi Makdori pada 19 Jul 2021, 13:50 WIB
Diperbarui 19 Jul 2021, 13:50 WIB
Mahfud MD
Perbesar
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD Saat Diwawancarai di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (20/2/2020). (Foto: Delvira Hutabarat/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Menko Polhukam Mahfud Md mengimbau kepada masyarakat, khususnya mereka yang beragama Islam untuk bisa melaksanakan salat Idul Adha di rumah saja, lantaran masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

"Mari kita rayakan sesuai situasi dan kondisi, yaitu situasi Covid 19, oleh sebab itu kita tidak melakukan kerumunan. Sebaiknya salat dilakukan di rumah masing-masing sebagaimana fatwa Lembaga keagamaan. Penyembelihan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan agar menjaga diri kita dan diri orang lain," kata Mahfud dalam keterangan tulis, Senin (19/7/2021).

Adapun, imbauan ini dikeluarkan dirinya sebagai koordinator penerapan disiplin dan penegakan hukum penanganan pandemi virus Corona sebagaimana diatur dalam Inpres No. 6/2020 tentang Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Penanganan Covid-19.

Menurutnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada hari Minggu 18 Juli 2021 telah bertemu MUI dan sejumlah ormas Islam untuk sepakat imbau masyarakat, bahwa pelaksanaan salat Idul Adha dilaksanakan di rumah, takbiran digelar secara virtual dan penyembelihan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan.

"Ritual menyembelih korban ada aspek spiritual dalam rangka taqorrub, mendekat kepada Allah. Karena itu kalau kondisi membatasi kita berkerumun, mari kita taqorrub, berkorban untuk mendekat kepada Allah, agar diberi bimbingan, diberi kesehatan, dan dihindari dari Covid," kata Mahfud.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menag Ajak Masyarakat Meriahkan Takbir Akbar Virtual

Pemerintah menggelar Takbir Akbar Virtual dalam rangka memeriahkan malam Hari Raya Idul Adha 1442 H. Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengajak masyarakat, khususnya umat Islam, ikut menyambut malam Idul Adha dengan menggemakan takbir dari rumah masing-masing.

"Mari meriahkan malam Hari Raya Idul Adha dalam Takbir Akbar Virtual," ajak Menag di Jakarta, Senin (19/7/2021).

Menurut Yaqut, Takbir Akbar Virtual akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Para menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga, TNI/Polri, gubernur, elemen masyarakat, dan lainnya dijadwalkan akan ikut bergabung secara virtual dari kediaman masing-masing.

"Mari gemakan takbir, agungkan Asma Allah Yang Maha Besar dan Maha Kuasa, dari rumah masing-masing, seraya berharap pandemi ini segera berakhir," ucapnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya