Sukses

Gelar Penyembelihan Kurban, Masjid Istiqlal Perketat Protokol Kesehatan

Pimpinan Masjid Istiqlal juga meminta adanya pembatasan orang di lokasi rumah pemotongan hewan.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Humas dan Media Masjid Istiqlal, Safar menyatakan penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat akan dilakukan pada Rabu (21/7/2021). Kata dia, pelaksanaannya pun dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19. 

"Lebih diperketat dari tahun lalu, mulai dari pembatasan jumlah hewan kurban yang akan dipotong, juga dibatasi dari petugas yang melaksanakan dan akan memperketat protokol kesehatan," kata Safar saat dihubungi Liputan6.com, Senin (19/7/2021). 

Lanjut dia, nantinya semua petugas akan melakukan swab antigen sebelum melakukan tugasnya. Termasuk dalam penyaluran daging kurban. 

"Tetap dengan menaati prokes dan koordinasi dengan satgas covid setempat," ucap dia. 

Selain itu, Safar juga menyebut pimpinan Masjid Istiqlal juga meminta adanya pembatasan orang di lokasi rumah pemotongan hewan. 

"Pegawai Istiqlal yang tidak bertugas tidak datang ke lokasi dan penyembelihan sebagaimana biasanya dilakukan oleh petugas RPH yang profesional yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Dinas DKI Jakarta," jelas dia. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salat Idul Adha di Rumah

Sementara itu, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menekankan bahwa saat ini tidak diperbolehkan menggelar salat Idul Adha di masjid dan lapangan.

Hal ini mengingat pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sejumlah wilayah.

"Bahwa salat Idul Adha hanya bisa dilakukan di rumah. Tidak ada salat Idul Adha di masjid atau di lapangan dalam masa PPKM Darurat ini," kata Yaqut dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi, Jumat (16/7/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.