AstraZeneca Realisasikan Pengiriman 14,7 Juta Vaksin untuk Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 16 Jul 2021, 10:30 WIB
Diperbarui 16 Jul 2021, 10:46 WIB
Indonesia Kedatangan Vaksin AstraZeneca
Perbesar
Pada Selasa, 13 Juli 2021, Indonesia terima 3,4 juta dosis vaksin AstraZeneca yang berasal dari COVAX Facility. (Dok Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)

Liputan6.com, Jakarta AstraZeneca telah merealisasikan pengiriman 14,7 juta dari total 50 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia. Pengiriman vaksin itu sesuai dengan perjanjian bilateral kedua belah pihak dalam upaya penanggulangan pandemi.

"Kami siap untuk terus melanjutkan kerja sama dengan pemerintah dan berbagai pihak di Indonesia dalam mendukung misi memulihkan Indonesia," kata Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia Sewhan Chon melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (16/7/2021).

Sewhan mengatakan AstraZeneca hari ini mengirimkan 1.041.400 dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia sebagai bagian dari perjanjian bilateral antara AstraZeneca dan Pemerintah Indonesia untuk pengiriman 50 juta dosis vaksin ke Indonesia.

Pengiriman ini menambah jutaan dosis vaksin AstraZeneca yang telah diterima Indonesia melalui COVAX dan donasi dari berbagai negara.

"Sampai saat ini, sekitar 14,7 juta dosis vaksin AstraZeneca telah dikirimkan ke Indonesia. AstraZeneca juga akan mengirimkan jutaan dosis vaksin lagi dan mendukung pengiriman dosis tambahan melalui COVAX maupun donasi secara nirlaba," kata dia.

Dalam keterangan tertulis itu juga disampaikan bahwa vaksin tersebut akan mendukung Program Imunisasi Nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI dan akan mempercepat rencana pemerintah untuk memvaksinasi masyarakat luas secepat mungkin demi mengendalikan angka penularan COVID-19 yang saat ini tengah meningkat di Indonesia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pasok Vaksin ke Seluruh Dunia

FOTO: 6 Jenis Vaksin COVID-19 yang Ditetapkan Pemerintah Indonesia
Perbesar
Gambar ilustrasi menunjukkan botol berstiker "Vaksin COVID-19" dan jarum suntik dengan logo perusahaan farmasi AstraZeneca, London, Inggris, 17 November 2020. Vaksin buatan AstraZeneca yang bekerja sama dengan Universitas Oxford ini disebut 70 persen ampuh melawan COVID-19. (JUSTIN TALLIS/AFP)

Sewhan menambahkan AstraZeneca terus mengadakan pasokan vaksin ke seluruh dunia secara merata dengan prinsip nirlaba selama masa pandemi melalui COVAX dan pengiriman langsung melalui Perjanjian Bilateral dengan berbagai pemerintah.

AstraZeneca adalah perusahaan farmasi global pertama yang bergabung dengan COVAX pada Juni 2020 dan sejauh ini telah memasok lebih dari 90 persen vaksin yang didistribusikan COVAX secara global.

Saat ini hampir 45 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca telah dikirimkan ke seluruh negara ASEAN dan lebih dari 700 juta dosis vaksin AstraZeneca telah dipasok ke 170 negara di seluruh dunia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya