Sukses

Top 3 News: Lonjakan Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Akibat Didominasi Varian Delta

Kasus harian positif Covid-19 kembali berada di kisaran 50.000 kasus, yang membuat angka tinggi selama masa pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah kasus harian positif Covid-19 di Tanah Air terus mengalami lonjakan. Dalam seminggu terakhir sempat beberapa kali mencetak rekor tertinggi. Bahkan Kamis, 16 Juli kemarin tembus diangka 56.767 orang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyikapi lonjakan tersebut akibat adanya virus varian delta. Diperkirakan angkanya bisa lebih tinggi lagi. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, Kamis, 15 Juli 2021.

Berita lainnya yang tak kalah menyita perhatian pembaca Liputan6.com terkait laporan seorang dokter spesialis gizi yang menyebut fotonya dirinya telah dicatut oleh puluhan media.

Atas dugaan pencatutan tersebut, Louise Kartika, pada Kamis kemarin mendatangi Polda Metro Jaya. Dilaporkan bahwa fotonya dipakai untuk pemberitaan terkait dr Lois Owien dan dilakukan tanpa seizinnya. 

Menurut kuasa hukumnya, ada 50 pemberitaan yang menggunakan foto kliennya.

Sementara itu, Menteri Luhut Binsar Pandjaitan kembali mengungkapkan bahwa lonjakan kasus positif saat ini lebih didominasi oleh virus varian Delta. Dikatakan, virus varian Delta penularannya enam kali lebih cepat dibanding varian Alpha.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis, 16 Juli 2021:

 

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Masih Terkendalikah Kasus Positif Covid-19 di Indonesia?

Jumlah kasus harian positif virus Corona atau Covid-19 kembali berada di kisaran 50.000 kasus, yang membuat angka tinggi selama masa pandemi.

Sebagai gambaran saja, pada Kamis Kamis (15/7/2021), angka penambahannya berada di 56.757 orang dengan kumulatifnya mencapai 2.726.803 orang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan angka tersebut memang tinggi dan bisa saja naik lagi. "Bisa saja ini masih naik," kata Luhut saat konferensi pers, Kamis (15/7/2021).

Dia menjelaskan, kenaikan tajam kasus harian Covid-19 di Indonesia akibat adanya varian Delta. Sebab, saat pelaksanaan PSBB hingga PPKM mikro kasus Covid-19 masih dapat dikendalikan.

"PSBB 1, PSBB 2, PPKM kabupaten/kota, PPKM mikro, semua relatif sebenarnya naik tetapi masih terkendali. Tetapi begitu kita masuk varian Delta, peningkatan kasus Covid-19 didominasi oleh varian Delta," ucap Luhut.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Fotonya Dicatut, Dokter Louise Kartika Laporkan Puluhan Media ke Polisi

Seorang dokter spesialis gizi bernama Louise Kartika mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan pencatutan foto yang dilakukan tanpa seizinnya.

Menurut Louise, foto yang digunakan dari aku Instagram pribadinya itu dicatut oleh sejumlah media dan dipakai untuk pemberitaan terkait dr. Lois Owien.

"Beberapa hari lalu saya mendapati berita tentang dr LO di portal berita online dengan menggunakan foto saya yang diambil dari akun media sosial pribadi saya tanpa sepengatahuan dan seizin saya. Kemudian foto-foto tersebut makin menyebar di portal berita online, Instagram, Twitter hingga YoutTube," kata Louise di Polda Metro Jaya, Kamis (15/7/2021).

Louise mengaku, akibat pencatutan itu, akun Instagram-nya mendapat serangan buruk dari warganet. Padahal, apa yang dituduhkan oleh sejumlah warganet diketahui salah alamat.

"Pertama secara mental daya merasa tidak nyaman dan tertekan karena menjadi sasaran dituduh dan diserang oleh banyak orang atas perbuatan yang tidak saya lakukan. Kedua secara profesi ini jelas merugikan nama baik saya mempengaruhi kepercayaan pasien kepada saya," tegas dia.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Dominasi Penyebaran di Jawa, Luhut: Varian Delta Tidak Bisa Dikendalikan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan peningkatan kasus Covid-19 didominasi oleh varian Delta. Menurut dia, varian Delta memiliki penyebaran yang lebih cepat dan dahsyat ketimbang varian Alpha.

"Saya mohon supaya kita paham, varian Delta ini tidak bisa dikendalikan," kata Luhut dalam konferensi pers, Kamis (15/7/2021).

Luhut menjelaskan bahwa varian Delta penularannya enam kali lebih cepat. Saat pelaksanaan PSBB sebelumnya, peningkatan kasus belum signifikan seperti halnya PPKM darurat. Bahkan saat ini, dia menyebut varian Delta mendominasi hampir semua peningkatan kasus di Pulau Jawa.

"PSBB 1, PSBB 2, PPKM kabupaten/kota, PPKM mikro, semua relatif sebenarnya naik tetapi masih terkendali. Tetapi begitu kita masuk varian Delta, peningkatan kasus Covid-19 didominasi oleh varian Delta," ucapnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.