Sukses

Airlangga Hartarto Minta Masyarakat Tak Alergi dengan Crypto

Airlangga Hartarto mengatakan, partainya terus memantau perkembangan di semua sektor, termasuk di sektor industri keuangan dan investasi.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, partainya terus memantau perkembangan di semua sektor, termasuk di sektor industri keuangan dan investasi.

Berkaitan dengan crypto, menurutnya ini adalah realita baru yang harus diperhatikan manfaat dan dampaknya bagi perekonomian nasional. Ia berharap semua pihak tidak alergi dengan crypto tetapi juga mempersiapkan segala hal agar dampak negatifnya bisa dikelola dengan baik.

"Sikap terbuka namun antisipatif sangat perlu bagi semua pihak, termasuk pembuat kebijakan dalam menanggapi crypto. Kita tidak boleh alergi karena bagaimanapun crypto adalah kenyataan saat ini dan masa depan, tetapi kita juga harus antisipatif agar bisa mengelola dampaknya," Kata Airlangga dalam keterangannya, Rabu (14/7/2021).

Meski demikian, Golkar juga menyadari bahwa ada sisi dan dampak negatif crypto yang bisa berpengaruh secara luas dalam sektor keuangan dan ekonomi secara umum. Karena itu Airlangga menekankan bahwa sikap antisipatif perlu dimiliki oleh para pembuat kebijakan di lingkup eksekutif dan legislatif.

"Semua pihak harus bisa melihat crypto secara komprehensif sehingga bisa melahirkan kebijakan terbaik. Tujuannya untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan dampak negatifnya," kata Airlangga.

Airlangga menilai sikap pemerintah yang memasukkan crypto sebagai komoditas dan bukan mata uang adalah langkah bijak yang diambil pemerintah.

"Bukan hanya berkaitan langsung dengan undang-undang soal uang dan alat transaksi, tetapi ini adalah langkah untuk mengelola sisi-sisi crypto yang bisa memberi dampak kurang baik bagi perekonomian nasional," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Maju

Sementara itu Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Golkar Jerry Sambuaga menyatakan bahwa diskusi soal crypto merupakan bagian tak terpisahkan dari tekad Golkar untuk selangkah lebih depan daripada partai lain.

"Balitbang Golkar selalu memantau perkembangan terbaru di semua bidang sehingga bisa memberikan masukan yang perlu bagi para anggota Golkar yang punya posisi sebagai pengambil kebijakan," ucap dia.

Selain itu, menurut Jerry, diskusi Balitbang Golkar mengenai crypto ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi baik bagi internal Golkar maupun masyarakat umum mengenai fenomena baru dalam perdagangan komoditas ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.