Sukses

Wagub Jakarta Minta Warga Isoman Pakai Telemedicine untuk Layanan Obat dan Konsultasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyiapkan para petugas di setiap kelurahan untuk memastikan warga dapat mengisi aplikasi telemedicine.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah karena terpapar Corona dapat mendapatkan obat melalui layanan telemedicine.

"Jadi masyarakat tinggal mengajukan secara online nanti segera dikirim. Harusnya tidak ada masalah," kata Riza di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (14/7/2021).

Dia menjelaskan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah menyiapkan para petugas di setiap kelurahan untuk memastikan warga dapat mengisi aplikasi telemedicine. Hal tersebut untuk mempermudahkan masyarakat mendapatkan vitamin, obat, hingga konsultasi dengan para tenaga kesehatan.

"Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi masalah nanti bagi yang melaksanakan isoman karena secara online bisa berkomunikasi secara online dengan dokter dan perawat," papar Riza soal telemedicine.

Dia meminta agar masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah tetap melaporkan kepada RT, RW, hingga puskesmas setempat.

"Satgas Covid akan melakukan monitoring, pemantauan dan pengawalan dan membantu apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat," tandas Riza.

Saksikan video pilihan di bawha ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Telemedicine

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyiapkan layanan konsultasi medis online (telemedicine) untuk pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

Dengan layanan telemedicine dari 11 platform, pemerintah bertujuan untuk mengurangi beban tenaga kesehatan dan rumah sakit.

Adapun ke-11 platform dan aplikasi telemedicine yang bekerja sama dalam memberikan layanan konsultasi dan obat gratis bagi pasien isolasi mandiri adalah:

1. Alodokter

2. GetWell

3. Good Doctor

4. Halodoc

5. KlikDokter

6. KlinikGo

7. LinkSehat

8. Milvik Dokter

9. ProSehat

10. SehatQ

11. YesDok

3 dari 3 halaman

Alur Telemedicine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.