Sukses

Top 3 News: Gejala Covid-19 Dirasakan Ustaz Abdul Somad hingga Sempat Tuliskan Surat Waisat

Terindikasi punya gejala terinfeksi Covid-19, Ustaz Abdul Somad mengaku penciumannya hilang bahkan saat mencium buah durian.

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Abdul Somad atau UAS mengaku sungkan untuk memeriksakan diri saat gejala Covid-19 mulai dirasakannya. Untuk membuat tubuhnya kembali bugar, ustaz kondang tersebut mengaku hanya mengonsumsi madu. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, Selasa, 13 Juli 2021. 

Ustaz Somad mengaku mulai rasakan gejala Covid-19 usai dari bepergian ke luar kota. Hari pertama dan kedua, ustaz asal Riau ini mengaku persendiannya terasa mau lepas.

Ustaz Somad pun tak bisa mencium bau durian. UAS merasa seperti tengah mendekati ajal. Dia bahkan sempat menuliskan surat waisat untuk anaknya.

Berita terpopuler lainnya terkait dokter Lois Owien. Pernyataannya dalam sebuah wawancara di salah satu televisi swasta sempat viral lantaran menyebut penyebab kematian Covid-19 bukanlah virus Corona, melainkan obat yang dikonsumsi pasien.

Akibat perbuataannya, dr Lois diamankan dan sempat ditahan Mabes Polri sebelum akhirnya dipulangkan. Meski telah dipulangkan, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto memastikan kasus penyebaran informasi bohong atau hoaks tersebut tetap berjalan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa, 13 Juli 2021:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Terindikasi Terpapar Covid-19, Ustaz Somad: Saya Cium Durian Tak Ada Baunya

Pendakwah kondang ustaz Abdul Somad mengaku terindikasi punya gejala terinfeksi Covid-19. Salah satu gejala yang ia rasakan adalah kehilangan indra penciumannya. Menurut dai yang kerap dipanggil UAS ini penciumannya hilang bahkan saat mencium buah durian.

"Ketika tiba-tiba saya pulang dari luar kota, sampai di rumah semua tulang-tulang saya ini rasanya kaya mau putus. Hari kesatu sama hari kedua tulang-tulang sendi mau putus, hari ketiga sampai keempat ketika dipakai topi ini rasanya jarum dan kaca tajam ditusuk-tusukkan," ujar UAS dalam sebuah tayangan video, dikutip Liputan6.com, Selasa (13/7/2021).

"Hari kelima, hari keenam saya beli durian, saya cium tak ada baunya sama sekali," lanjutnya.

UAS tidak bisa memastikan apakah dirinya terinfeksi Covid-19 atau tidak. Pasalnya saat dirinya bergejala ia sungkan untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

Momen itu, kata dai asal Riau tersebut, diraskannya seakan mendekati ajal. Ia sampai-sampai menuliskan surat wasiat ditujukan langsung ke anaknya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Akhir Cuitan dr Lois Owien

Dokter Lois Owien harus meringkuk di tahanan setelah polisi menangkapnya, Minggu 11 Juli 2021, pukul 16.00 WIB. Sosoknya sempat viral setelah menyebut bahwa kasus kematian Covid-19 tidak disebabkan oleh virus, melainkan efek dari interaksi obat yang dikonsumsi pasien.

"Saat ini yang bersangkutan diamankan di Polda Metro Jaya untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," tutur Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (12/7/2021).

Polisi menangkap dr Lois di Apartemen Rasuna Said Jakarta Selatan lantaran menyebarkan berita bohong alias hoaks terkait Covid-19 lewat akun media sosial pribadinya. Salah satunya adalah platform Twitter @LsOwien.

Ahmad mengatakan, Lois menyebarkan pendapatnya terkait pandemi Covid-19 di akun twitter pribadinya @LsOwien dan dua platform media sosial lainnya. Hal tersebut pun berpotensi menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. 4 Hal Saat Ustaz Abdul Somad Rasakan Gejala Covid-19

Ustaz Abdul Somad diduga terpapar Covid-19. Kabar ini disampaikan langsung oleh dai kondang tersebut lewat sebuah tayangan video yang beredar.

Ustaz yang karib disapa dengan inisial UAS tersebut menuturkan, dugaan dirinya mengalami gejala Covid-19 saat indra penciumannya tak lagi bisa merasakan bau khas buah durian.

Menurut Ustaz Somad, hal itu dirasakan di hari keenam usai dirinya belum lama ini baru pulang dari aktivitas di luar kota. Hari pertama dan kedua, UAS mengaku persendiannya terasa nyeri hingga merasa mau putus.

"Tapi ciri-ciri itu ada, tulang kau putus, topi dipasang rasanya mau copot ditusuk-tusuk jarum, durian dicium tak ada baunya. Di situlah saya merasa durian itu sudah tak enak sama sekali," kata UAS dalam sebuah video yang dikutip Liputan6.com, Selasa (13/7/2021).

UAS mengaku tak ada obat-obatan khusus yang diminumnya. Ia hanya mengonsumsi obat anjuran Nabi Muhammad SAW, yakni madu.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.