Sukses

Lantik Perwira TNI-Polri, Jokowi: Tanggung Jawab Saudara Sangat Besar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 700 perwira remaja TNI-Polri dalam upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri, Selasa (13/7/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 700 perwira remaja TNI-Polri dalam upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri, Selasa (13/7/2021). Pelantikan digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta, pukul 08.00 WIB.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, upacara dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat karena situasi pandemi Covid-19. Hanya penerima Adhi Makayasa saja yang hadir langsung dalam pelantikan ini sementara perwira lainnya mengikuti upacara secara virtual.

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan yang diberikan untuk lulusan terbaik perwira dari setiap matra TNI dan Polri. Mulai dari, Matra Darat, Matra Udara, Matra Laut, dan Matra Kepolisian.

Untuk tahun ini, Adhi Makayasa jatuh kepada Sermatutar Septian Haryono Pasaribu dari Akademi Angkatan Darat (AAD), Sermatutar Always Giving Hamonangan Tiris dari Akademi Angkatan Laut (AAL). Kemudian, Sermatutar Laode Abdul Muis dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Brigtar Hary Indrajati dari Akademi Kepolisian.

Jokowi mengatakan, tanggung jawab besar menunggu para perwira remaja yang baru saja dilantik. Pasalnya, mereka harus menjaga dan melindungi Pancasila dari gelombang luar, serta menjaga toleransi antar bangsa Indonesia.

"Tanggung jawab saudara-saudara sangat besar, saudara-saudara harus melindungi Pancasila dari benturan gelombang ideologi dari luar. Saudara harus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi antar anak bangsa," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pegang teguh kode etik

Tak hanya itu, para perwira remaja TNI-Polri juga harus terus menjaga persatuan dalam keragaman Indonesia. Di samping itu, Jokowi mengingatkan perwira TNI-Polri agar selalu memegang teguh kode etik dan jati diri sebagai perwira.

"Junjung kehormatan dan kecintaan sebagai perwira TNI dan Polri. Pelihara kekompakan antara sesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing dan melangkahlah ke gelanggang pengabdian dengan tegar dan optimisme," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • tni-polri

  • Polri