Sukses

Jurus Satgas COVID-19 Depok Turunkan Angka BOR di Rumah Sakit

Dadang menjelaskan, meningkatnya jumlah penderita COVID-19 mengakibatkan antrean di IGD.

Liputan6.com, Depok - Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok berusaha menurunkan angka Bed Occupancy Ratio (BOR), salah satunya dengan menambah kapasitas tempat tidur. Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok akan menambah ratusan tempat tidur untuk penanganan pasien COVID-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, angka BOR masih diatas 90 persen. Untuk itu, diperlukan penurunan angka BOR dengan menambah jumlah kapasitas tempat tidur baik di rumah sakit maupun tempat karantina.

"Di seluruh rumah sakit sudah menambah kurang lebih 200 tempat tidur," ujar Dadang, Minggu (11/7/2021).

Dadang menjelaskan, meningkatnya jumlah penderita COVID-19 mengakibatkan antrean di IGD. Selain itu, Satgas Penanganan COVID-19 juga berusaha meningkatkan tempat tidur pasien OTG, salah satunya di lokasi tempat karantina.

"Tempat karantina buat mereka yang OTG saat ini ditambahkan untuk peningkatan kapasitas di asrama mahasiswa UI," terang Dadang.

Dadang mengungkapkan, untuk asrama UI telah disediakan tempat tidur sebanyak 400 tempat tidur. Nantinya jumlah kapasitas tempat tidur tersebut akan ditujukan untuk 200 tempat tidur bagi pasien Orang Tanpa Gangguan (OTG). Untuk 200 tempat tidur lainnya untuk pemulihan pasien yang mulai sembuh di rumah sakit.

"Jadi pasien yang mulai sembuh dapat melakukan pemulihan di asrama UI," ucap Dadang.

Dadang menuturkan, pasien rumah sakit yang mulai sembuh dan akan melakukan pemulihan di asrama UI dapat menempati dengan melampirkan rujukan dari rumah sakit. Terkait sarana dan prasarana, telah disiapkan untuk mendukung penyembuhan pasien COVID-19 di asrama tersebut.

"Sudah kita siapkan nanti tinggal digunakan dan sudah disampaikan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat," kata Dadang.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkat BOR Capai 95 Persen

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan, BOR rumah sakit di Kota Depok mencapai 95 persen. Menurutnya, untuk menurunkan angka BOR telah ditambahkan tempat tidur untuk pasien ICU di rumah sakit. Sebanyak 18 rumah sakit di Depok telah menambahkan tempat tidur.

"Jadi ada 128 tempat tidur ICU dan isolasi mencapai 1.061 tempat tidur," ujar Novarita.

Novarita menambahkan, tempat isolasi karantina di asrama UI telah dapat digunakan dan sudah menerima pasien yang ingin melakukan isolasi di asrama UI. Untuk daya tampung di asrama UI mencapai 400 tempat tidur untuk pasien COVID-19 menjalani masa penyembuhan.

"Asrama UI sudah terisi tapi untuk berapa persennya nanti saya cek lagi," tutup Novarita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.