Sukses

Pemprov Jabar Berhasil tekan Mobilitas Masyarakat di Hari ke-6 PPKM Darurat

Selama pelaksanaan PPKM Darurat, Kang Emil mendorong petugas gabungan untuk melakukan pengawasan dan penindakan secara humanis.

Liputan6.com, Jakarta Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, mobilitas masyarakat Jawa  menurun. Gubernur Jabar Ridwan Kamil melaporkan, per Kamis (8/7), pergerakan masyarakat berkurang 20% dari sebelum PPKM Darurat diterapkan.

"Sudah jauh lebih baik dari pada dua hari pertama. Tingkat mobilitas kami tekan. Per hari ini, sudah di atas 20%. Awal-awal PPKM Darurat masih di bawah 20%," ucap Kang Emil di Kantor PT Migas Hulu Jabar, Kota Bandung, Kamis (8/7).

Kang Emil menuturkan, kedisiplinan masyarakat untuk menaati aturan dan mengurangi mobilitas selama PPKM Darurat terus meningkat.

"Kemudian juga tingkat partisipasi masyarakat untuk menahan diri tidak melakukan pergerakan sudah lebih baik," tuturnya.

Selama pelaksanaan PPKM Darurat, Kang Emil mendorong petugas gabungan untuk intens melakukan pengawasan dan penindakan terkait penerapan protokol kesehatan (prokes) 5M dan aturan PPKM Darurat. Ia mengingatkan pengawasan dan penindakan harus dilakukan secara humanis.

"Dan yang paling viral denda-denda razia yang saya ingatkan tetap manusiawi. Tapi juga ada ketegasan dan dikomunikasikan dengan baik," katanya.

"Salah satunya Pak Kajati sudah memfasilitasi tipiring yang dilakukan di tempat kira-kira begitu. Tetap mengedepankan kemanusiaan. Jadi apabila ada dinamika, kami akan tetap perbaiki agar semua paham tidak perlu ada denda kalau kita taat mengikuti aturannya," tambahnya.

Selain itu, Kang Emil juga melaporkan bahwa tingkat keterisian rumah sakit rujukan COVID-19 perlahan menurun. Hal itu karena rumah sakit mulai menambah kapasitas tempat tidur bagi pasien COVID-19, dari 40% menjadi 60% dari total kapasitas.

"Kemarin BOR (Bed Occupancy Rate) sudah turun. Itu dikarenakan instruksi dari kami agar tempat tidur untuk COVID-19 dinaikan ke 60%, yang tadinya hanya 40% di Bandung. Jadi tempat tidur itu ada 54 ribu secara umum, 60% minggu-minggu ini dikonversi untuk pasien COVID-19," ucapnya.

Guna menekan keterisian rumah sakit, kata Kang Emil, ruang isolasi terpusat di level desa dan pusat pemulihan bagi pasien COVID-19 yang akan sembuh setelah mendapat perawatan di rumah sakit akan terus diperkuat.

"Kemudian juga peningkatan kapasitas di ruang isolasi di desa, pusat pemulihan di akhir terus kami tingkatkan," katanya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini