Sukses

Kajian LPI: Kinerja Kepala BIN Terbaik Respons Pandemi Covid-19 

Menurut Boni Hargens, terdapat sejumlah aspek perubahan signifikan dari BIN, yaitu meskipun bekerja dalam senyap, institusi ini mampu merespons gelombang pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Studi Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menempatkan kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan sebagai yang terbaik dalam merespons pandemi Covid-19.

Direktur LPI Boni Hargens menyebut, penilaian itu berdasarkan hasil riset kualitatif dan wawancara mendalam terhadap sejumlah pakar pada Januari-Juni 2021 terhadap kinerja kabinet.

"Dari hasil riset tersebut, didapati performa institusi BIN yang dikomandoi oleh Budi Gunawan atau akrab disebut BG, berada pada rating terbaik berdasarkan tiga indikator besar dengan 20 sub indikator turunannya," kata Boni di Jakarta, Kamis (8/7/2021).

Dia menjelaskan, pengukuran tersebut berdasarkan tiga indikator, yakni leadership memberi kontribusi 30 persen untuk nilai kinerja, indikator policies menyumbangkan 20 persen dan indikator responsiveness sebesar 50 persen.

"Penentuan ini menunjukkan bahwa LPI menitikberatkan pada sektor daya tanggap dalam mengukur kualitas performa para menteri dan pimpinan lembaga negara," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perang BIN Lawan Covid-19

Menurut dia, terdapat sejumlah aspek perubahan signifikan dari BIN, yaitu meskipun bekerja dalam senyap, institusi ini mampu merespons gelombang pandemi.

"Dari survei kualitatif itu, didapati keterangan dan informasi bahwa banyak program dan kegiatan yang dijalankan BIN dalam menangani pandemi Covid-19 yang barangkali tidak banyak orang tahu," ujarnya.

"Perang" BIN melawan pandemi Covid-19 yang dilakukan selama ini seperti halnya menyediakan rapid test gratis untuk masyarakat. Hingga pengadaan posko bantuan di berbagai kota untuk menekan potensi keterpaparan warga dari virus corona.

"Para pakar dari berbagai latar yang kami wawancarai mendalam, menyebutkan bahwa di hampir semua indikator kinerja, kepala BIN, Pak BG sangat optimal untuk menciptakan stabilitas keamanan di daerah rawan konflik, utamanya konflik bersenjata," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.