Sukses

Buntut Bersitegang dengan Paspampres, 3 Polisi Diperiksa Divisi Propam

Bukti-bukti kini tengah dikumpulkan Polda Metro Jaya untuk melihat pelanggaran yang dilakukan oleh ketiga anggota tersebut saat bersitegang dengan Paspampres.

Liputan6.com, Jakarta - Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya memeriksa tiga anggota Resmob Jakarta Barat. Hal ini buntut dari keributan yang terjadi di jalur penyekatan Jalan Daan Mogot dengan seorang anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Tiga anggota sejauh ini yang kita periksa. Resmob Jakarta Barat," kata Kabid Propam Polda Metro Jaya Kombes Pol Bhirawa Braja Paksa saat dihubungi, Kamis (8/7/2021).

Bhirawa menerangkan, pihaknya saat ini masih mengumpulkan bukti-bukti untuk melihat pelanggaran yang dilakukan oleh ketiga anggota ketika bersitegang dengan anggota Paspampres. Salah satunya menganalisis rekaman video yang beredar di media sosial.

"Untuk sementara kalau kita perhatikan dari video itu kan memang sikapnya marah-marah ya anggota kita itu. Pemeriksaan masih berlangsung dan tidak bisa singkat begitu," ujar dia.

Bhirawa menegaskan, pihaknya masih membutuhkan waktu untuk mempelajari bukti-bukti di lapangan. Pun demikian dengan keterangan para saksi mengenai keributan antara petugas dengan Paspampres.

"Walaupun hanya pelanggaran disiplin ya. Tapi kan dasar kita menjatuhkan dia sanksi disiplin kan karena ada bukti-bukti dan saksi-sakti itu. Jadi kita butuh waktu," jelas dia.

Dia pun sempat menyinggung aturan yang berlaku di dalam institusi Polri. Dia mengatakan, di dalam melayani masyarakat seharusnya lebih humanis dan lebih sopan.

"Di dalam peraturan disiplin memang saat melayani masyarakat anggota Polri tidak boleh bersikap seperti itu ya. Jadi kemungkinan kita akan periksanya ke arah situ," ujar Bhirawa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video Viral

Sebelumnya, viral di media sosial rekaman video yang memperlihat ketegangan di penyekatan Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Dalam rekaman terlihat, seorang pengendara berdebat dengan petugas PPKM yang melakukan penyekatan di Jalan Daan Mogot, Jakarta, Rabu 07 Juli 2021.

Perdebatan itu dipicu, karena pengendara itu tidak mendapatkan izin melintas di lokasi penyekatan.

Saat itu, Praka Izroi Gajah mengaku sebagai Paspampres. Petugas kemudian berupaya memvalidasi ucapan yang disampaikan Praka Izroi.

Ia diminta memperlihatkan kartu tanda anggota. Setelah ditunjukkan kartu tanda anggota, akhirnya Praka Izroi diizinkan melewati penyekatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.