Sukses

Sekjen PDIP Minta Jangan Panik di Masa Pandemi Covid-19

Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya terus berupaya mendukung upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya terus berupaya mendukung upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Namun, dia mengingatkan bahwa upaya ini harus juga didukung oleh masyarakat.

"Kerja keras seluruh jajaran pemerintah, seluruh tenaga medis, dan gotong royong seluruh komponen bangsa diapresiasi. Namun perilaku diri sendiri agar hidup sehat juga sangat penting dalam membangun imunitas tubuh,” kata Hasto dalam keterangannya, Selasa (6/7/2021).

Bagi PDIP, lanjut Hasto, upaya menjaga perilaku hidup sehat sangatlah penting, termasuk bagaimana dalam situasi pandemi Covid-19 ini semua anak bangsa bergotong royong, memberikan energi positif, dan menyatu-padukan energi positif bangsa.

Karena itu, dia berharap jangan panik di masa pandemi Covid-19 ini. "Rasa panik, tertekan, stress adalah awal kekalahan. Jangan biarkan virus menguasai kita," jelas dia.

Menurut Hasto, banyak upaya yang dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

"Menjaga kesehatan mulut dengan tradisi sikat gigi, membersihkan rongga mulut, berkumur guna menangkal penyebaran virus, pemakaian masker secara tepat, serta peningkatan konsumsi vitamin dari bahan herbal sangat baik, dan hal tersebut tidak boleh dianggap remeh," ungkap dia.

"Penelitian terpercaya menunjukkan bahwa penyebaran virus terjadi semakin cepat karena kurangnya perilaku disiplin dalam memakai masker, jaga jarak, tinggal di rumah, jaga kebersihan, tingkatkan kesehatan mulut dan imunitas diri," lanjutnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan Bergizi

Hasto juga menuturkan, Asupan makanan bergizi juga disebut mampu mendorong imunitas tubuh penting menjadi bagian dari komunikasi publik.

"Daun Lamtoro sebagai contoh, mengandung Vitamin A sebesar 17.800 IU. Daun pepaya, wortel, kembang turi, daun tales, dan lain-lain kaya vitamin A dan C. Daun sirih juga penting untuk menjaga kesehatan mulut," kata dia.

Selain upaya tersebut, Hasto juga menuturkan, berbagai bentuk pelatihan nafas bagi kesehatanjuga penting.

"Banyak ilmu silat nusantara yang memiliki metode efektif untuk pelatihan nafas," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.