Sukses

Sekjen PDIP: Situasi Pandemi Covid-19 Ini, Hukum Tertinggi Adalah Keselamatan Rakyat

Hasto Kristiyanto meminta pemerintah mempercepat produksi dan sosialisasi obat yang diyakini bisa menyembuhkan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto meminta pemerintah mempercepat produksi dan sosialisasi obat yang diyakini bisa menyembuhkan Covid-19.

Namun, semuanya harus mempertimbangkan keselamatan rakyat.

"Dalam situasi seperti ini, hukum tertinggi adalah keselamatan rakyat, bangsa, dan negara. Dengan pendekatan ini, sekiranya berdasarkan uji empiris, melalui berbagai pengalaman beberapa negara dan juga melalui pendekatan secara medis. Fakta-fakta empirik membuktikan bahwa ada obat yang diyakini bisa menyembuhkan Covid-19, maka lakukan itu. Percepat produksi, sosialisasi dosis penggunaan," kata Hasto dalam keterangannya, Selasa (6/7/2021).

Dia menuturkan, seluruh otoritas pemerintah di bidang kesehatan, dari kementrian kesehatan, BPOM, berbagai lembaga penelitian, harus keluar dari kemapanan birokrasi.

"Keluar dari prosedur as usual, dan mencari berbagai hal agar keyakinan rakyat untuk memiliki fighting spirit terus dilakukan. Seluruh komunikasi politik, berita media massa harus mengungkapkan berbagai resep untuk sembuh, bukannya menebar kepanikan," ungkap dia.

Dia pun menyinggung kehadiran obat cacing Ivermectin, jika memang bisa menyembuhkan Covid-19 maka harus dipastikan penggunaannya yang aman.

"Sekiranya obat yang sebenarnya untuk obat cacing tersebut dalam dosis yang diyakini bisa menangkal Covid-19 dan hal tersebut masih dalam batas toleransi aman, ya lakukan dengan masif. Pendeknya melawan Covid-19 diperlukan keyakinan, harapan, dan adanya sesuatu yang bisa menciptakan daya kesembuhan," jelas Hasto.

"Jika pertimbangan di atas bisa diterima, maka langkah selanjutnya produksi secara besar-besaran dan distribusikan ke rakyat. Perang melawan virus, harus dihadapi dengan daya terobosan dan keberanian, bukan mengunci diri dalam kekakuan prosedur birokrasi yang sering tersandera oleh berbagai kepentingan," lanjutnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gotong Royong

PDIP meyakini, kata Hasto, selama semangat terus berkobar, gotong royong dikedepankan, dan keselamatan rakyat yang paling diutamakan, bisa saja melahirkan terobosan.

"Maka berbagai keberanian mengambil langkah terobosan akan dihasilkan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.