Sukses

Atasi Kelangkaan Oksigen, Ketua DPR Minta Maksimalkan Teknologi Informasi

Ketua DPR RI Puan Maharani mendesak pemerintah, untuk segera mengatasi kelangkaan oksigen untuk pasien Covid-19. Pasalnya, diketahui saat ini pasokan oksigen semakin langka, khususnya Pulau Jawa dan Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mendesak pemerintah, untuk segera mengatasi kelangkaan oksigen untuk pasien Covid-19. Pasalnya, diketahui saat ini pasokan oksigen semakin langka, khususnya Pulau Jawa dan Bali.

Menurut Puan, cara terbaik menangani hal tersebut adalah dengan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi digital terkait pendataan kamar rumah sakit dan oksigen.

"Selain menipisnya ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, saat ini persoalan yang tak kalah mendesak untuk diatasi ialah kelangkaan oksigen bagi pasien Covid-19," kata Puan dalam keterangan pers diterima, Senin (5/7/2021).

Puan mendorong, pemerintah pusat harus bergerak lebih sistematis dan cepat untuk mengatasinya. Sebab, jika terlambat akan berdampak pada keselamatan pasien yang tengah dirawat. Selain itu, persoalan kelangkaan oksigen tidak bisa diatasi dengan cara-cara reaktif semata, tetapi harus diantisipasi sedini mungkin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Teknologi Informasi

Puan menilai, pemanfaatan teknologi informasi digital secara maksimal harus dilakukan untuk mendapatkan data yang solid dan transparan, mulai ketersediaan oksigen hingga tempat tidur rumah sakit di berbagai kota.

"Agar hal itu bisa dipetakan dengan pendataan dan pemetaan maka ketersediaan oksigen di suatu kota sudah mulai menipis, bisa dikirim dari kota terdekat atau disuplai dari pemerintah pusat sehingga oksigen tidak sempat habis lebih dulu," Puan menandasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.