Sukses

Covid-19 Kian Mengganas, F-PKS: Tolong Pemerintah Hadir, Selamatkan Rakyat Indonesia

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mendesak Pemerintah memitigasi sistem kesehatan agar tidak kolaps selama lonjakan covid 19.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mendesak Pemerintah memitigasi sistem kesehatan agar tidak kolaps selama lonjakan covid 19. Ia menyebut sistem kesehatan harus benar-benar mampu menyelamatkan nyawa rakyat sebagai prioritas tertinggi negara saat ini.

"Rumah sakit sudah tidak lagi mampu menampung pasien padahal kondisi pasien kritis, oksigen dan obat-obatan menjadi langka, dokter dan paramedis banyak sekali terpapar dan sangat kelelahan. Bahkan penanganan jenazah covid-19 pun antre untuk dibawa ke liang lahat. Tolong pemerintah hadir, selamatkan rakyat Indonesia!," kata Jazuli pada wartawan, Senin (5/7/2021).

Fraksi PKS DPR RI meminta empat point yang harus diperhatikan pemerintah. Pertama, mendesak pemerintah membuka lebih banyak lagi rumah sakit darurat atau rumah sakit lapangan dengan memanfaatkan gedung-gedung pertemuan, gelanggang olah raga, kantor-kantor pemerintahan, dan tempat-tempat lain yang representatif serta memenuhi pasokan kelengkapan standar perawatan covid 19.

“Dua, mendesak pemerintah menjamin ketersediaan oksigen serta memasok tabung-tabung oksigen ke berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan covid 19. Banyak rumah sakit kehabisan setok oksigen yang harus direspons cepat dan tidak boleh telat. Perbanyak pasokan dan stasiun pengisian osigen, bisa bekerja sama dengan industri,” kata Jazuli.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desak Pemerintah Jamin Ketersediaan Obat

Ketiga, PKS mendesak pemerintah menjamin ketersediaan obat-obatan pasien covid dan memenuhi pasokan obat-obatan yang diperlukan untuk pasien covid 19 di berbagai rumah sakit dan apotik-apotik rujukan.

“Rakyat mengeluhkan sulitnya obat, banyak puskesmas angkat tangan, pemerintah harus cepat bertindak. Usut dan tindak tegas jika ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab menimbun obat dan menjual jauh di atas harga eceran,” ujarnya.

Terakhir, PKS juga mendesak pemerintah merekrut lebih banyak lagi relawan kesehatan untuk melayani pasien covid baik di rumah sakit maupun yang sedang isolasi di rumah atau tempat-tempat isolasi mandiri.

“Tenaga kesehatan puskesmas dan rumah sakit sudah kuwalahan dan kelelahan menangani pasien yang membludak,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.