Sukses

Survei Voxpol Center: Elektabilitas Gerindra Geser PDIP dari Puncak

Selain Gerindra, elektabilitas PKS juga menggeser Golkar dari posisi ketiga.

Liputan6.com, Jakarta - Voxpol Center merilis survei elektabilitas partai politik. Hasilnya, Partai Gerindra menggeser PDI Perjuangan (PDIP) dari posisi puncak.

"Jika pemilu legislatif diselenggarakan hari ini, menunjukkan bahwa Partai Gerindra sebesar 27,9 persen, adalah partai yang dipilih publik," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago saat rilis survei secara daring, Sabtu (3/7/2021).

PDIP berada di posisi runner up dengan elektabilitas sebesar 23 persen. Posisi ketiga yang biasa ditempati Golkar, justru direbut oleh PKS dengan elektabilitas sebesar 9,4 persen.

Kemudian, di posisi keempat ada Partai Demokrat yang mendapatkan elektabilitas sebesar 7,8 persen. Golkar di urutan keempat dengan elektabilitas 6,8 persen. Lalu diikuti PKB 4,9 persen.

Sisanya tidak mencapai ambang batas 4 persen. Partai Nasdem berada di urutan ketujuh dengan elektabilitas 2,3 persen. Lalu secara mengejutkan ada Perindo 1,3 persen.

PPP dan PAN yang saat ini berada di parlemen hanya mengantongi elektabilitas masing-masing sebesar 1,3 persen dan 0,9 persen.

Berikutnya ada Hanura 0,8 persen, PSI 0,3 persen, PBB 0,3 persen, Garuda 0,2 persen, Partai Ummat 0,2 persen, Berkarya 0,1 persen, PKPI 0,1 persen, serta Gelora 0,1 persen.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

12,5 Persen Responden Belum Tentukan Pilihan

Namun angka pemilih yang belum menentukan masih besar sekitar 12,5 persen.

"Masih tingginya Undecided Voters 12,5 persen, persentase keterpilihan masih sangat dinamis dan tiga tahun kedepan masih banyak kemungkinan perubahan peta elektabilitas partai politik di Indonesia," ujarnya.

Voxpol Center melakukan survei wawancara telepon pada 22 Juni-1 Juli 2021. Jumlah responden yang diambil sebanyak 1.200 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.