Sukses

Anies: JIExpo akan Dijadikan Lokasi Isolasi Berkapasitas 24 Ribu Orang

Anies juga meminta agar masyarakat tidak panik meksipun Jakarta masuk dalam keadaan darurat Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya terus melakukan penambahan lokasi isolasi terkendali di Ibu Kota. Salah satunya yakni di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Kami sekarang melakukan penambahan tempat penampungan, termasuk JIExpo, nanti akan bisa digunakan, bisa menampung 24 ribu orang," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (2/7/2021).

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan nantinya setiap wilayah kota akan menyediakan tempat isolasi terkendali. Penambahan itu diperkirakan untuk 5.000 pasien.

"Masing-masing wilayah disiapkan untuk menampung 5.000 orang, kita tidak ingin bila terpapar tidak terlindungi, tidak terlayani. Bawa, antar. Kami akan siapkan," papar dia.

Anies juga meminta agar masyarakat tidak panik meksipun Jakarta masuk dalam keadaan darurat Covid-19.

"Tetaplah optimis bahwa negara tetap hadir, pemerintah hadir, dan pemerintah akan melindungi, akan mengayomi setiap warga yang mendapatkan masalah akibat Covid-19," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Kawal PPKM Darurat

Sementara itu, Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto menyampaikan, TNI-Polri telah bersiap mengawal pelaksanaan PPKM Darurat Jawa-Bali yang diberlakukan pada 3 Juli 2021 sampai dengan 20 Juli 2021. Total petugas yang dikerahkan mencapai 50 ribu personel lebih.

"Seluruh perkuatan yang akan kita gelar mulai besok itu ada 21 ribu lebih, TNI disiagakan 32 ribu lebih," tutur Imam dalam konferensi virtual, Jumat (2/7/2021).

Imam berharap, jumlah tersebut dapat maksimal memenuhi setiap kebutuhan pengamanan dan pelayanan selama hampir 20 hari ke depan.

"Ini nanti kita 50 ribu ini mudah-mudahan walaupun jumlahnya tidak signifikan tetapi dengan kegiatan-kegiatan terencana, kemudian menyasar 12 sasaran yang sudah ditetapkan dalam PPKM darurat itu, mudah-mudahan bisa efektif dan tepat sasaran," jelas dia.

Lebih lanjut, Polri menggelar operasi Aman Nusa II dalam upaya penanganan Covid-19. Dari sekitar 7 tujuh Satgas yang dibentuk, Satgas Binmas mendapat perkuatan selama PPKM Darurat nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.