Sukses

5 Pernyataan Jokowi Terkait Perkembangan Vaksinasi Covid-19 Indonesia

Salah satunya menurut Jokowi, vaksin Covid-19 Sinovac sudah boleh diberikan untuk anak usia 12 hingga 17 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menyampaikan perkembangan vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Salah satunya menurut Jokowi, vaksin Covid-19 Sinovac sudah boleh diberikan untuk anak usia 12 hingga 17 tahun.

Dia mengatakan, pemberian vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12 tahun telah direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kita bersyukur BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman untuk anak-anak usia 12-17 tahun," kata Jokowi dalam keterangan daring, Senin, 28 Juni 2021.

Selain itu, dia mengapresiasi atas capaian 1,3 juta vaksinasi Covid-19 per hari pada 26 Juni 2021. Dia berharap capaian itu dapat dipertahankan hingga akhir Juli 2021.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi, menyampaikan penghargaan yang tinggi atas capaian 1,3 juta vaksinasi pada hari Sabtu, 26 Juni 2021 yang lalu, sehingga lebih cepat dari target satu juta vaksinasi per hari yang ditetapkan mulai Juli 2021," kata Jokowi.

Berikut 5 pernyataan terkini Presiden Jokowi terkait vaksinasi Covid-19 di Indonesia dihimpun Liputan6.com:

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

BPOM Keluarkan Izin Vaksin Covid-19 Untuk Anak Usia 12 hingga 17 Tahun

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa vaksin Sinovac sudah boleh diberikan untuk anak usia 12 hingga 17 tahun.

Jokowi menyebut pemberian vaksin untuk anak usia 12 tahun telah direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kita bersyukur BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman untuk anak-anak usia 12-17 tahun," kata Jokowi dalam keterangan daring, Senin, 28 Juni 2021.

 

3 dari 7 halaman

Sebut Vaksinasi Anak Usia 12 hingga 17 Tahun Bisa Segera Dimulai

Jokowi menyatakan pelaksanaan vaksinasi untuk anak bisa segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Sehingga vaksinasi untuk anak usia tersebut bisa segera dimulai," terang mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

 

4 dari 7 halaman

Beri Apresiasi Capaian 1,3 Juta Vaksinasi Covid-19

Presiden Jokowi juga menyampaikan menyampaikan apresiasi atas capaian 1,3 juta vaksinasi Covid-19 per hari pada 26 Juni 2021. Dia berharap capaian itu dapat dipertahankan hingga akhir Juli 2021.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi, menyampaikan penghargaan yang tinggi atas capaian 1,3 juta vaksinasi pada hari Sabtu, 26 Juni 2021 yang lalu, sehingga lebih cepat dari target satu juta vaksinasi per hari yang ditetapkan mulai Juli 2021," terang dia.

 

5 dari 7 halaman

Targetkan 2 Juta Vaksin per Hari pada Agustus 2021

Kemudian, Jokowi meminta semua pihak tetap bekerja keras agar target selanjutnya, yakni dua juta dosis vaksin per hari dapat dicapai mulai Agustus.

"Saya mengingatkan bahwa seluruh pihak tetap harus bekerja keras agar target satu juta per hari vaksinasi terjaga sampai akhir Juli dan dapat kita tingkatkan dua kali lipat pada Agustus 2021, yaitu mencapai 2 juta dosis per hari," ujarnya.

Capaian target vaksinasi tersebut, menurut Jokowi, atas kerja keras semua pihak dari kementerian hingga masyarakat.

"Hal ini tercapai berkat kerja keras berkat gotong royong semua pihak, terutama Kementerian Kesehatan, TNI Polri, pemerintah daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu serta masyarakat yang bersedia divaksin," kata dia.

 

6 dari 7 halaman

Minta Seluruh Masyarakat Tetap di Rumah dan Jalani Protokol Kesehatan

Jokowi juga menekankan, untuk meredam laju penyebaran Covid-19, harus dilakukan semua pihak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi.

"Dalam menekan covid-19 ini hanya dapat dilakukan dengan upaya bersama. Saya mohon kita semua untuk tidak ragu divaksinasi dan tetap berdisiplin jalankan protokoler kesehatan. Sekali lagi saya ingatkan tinggal lah di rumah selama tidak ada kebutuhan mendesak," pungkas Jokowi.

7 dari 7 halaman

Mini Lockdown ala Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.