Sukses

AMSI Gelar Pelatihan Penguatan Bisnis Media Online Berskala Nasional

Wens menambahkan, pelatihan media digital ini mendapat dukungan dari Internews dan USAID MEDIA.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wenseslaus Manggut mengatakan, AMSI telah menggelar pelatihan untuk penguatan manajemen, bisnis dan keberlanjutan media online (Digital Media Management, Business Development and Sustainability).

Menurut catatan pria karib disapa Wens itu, sebanyak 75 peserta dari 30 media lokal dan nasional hasil seleksi telah mengikuti pelatihan yang berlangsung sejak, 22 Juni lalu dan akan berakhir 29 Juni 2021.

"Program ini dibuat agar media digital tidak hanya survive, tapi juga berkembang di tengah badai digital," kata Wens dalam keterangan pers diterima, Senin (28/6/2021).

Wens melanjutkan, materi pelatihan membahas hulu hingga hilir, dari peta media hingga ekosistem digital. Hal ini dibutuhkan agar para peserta tahu soal DNA masing-masing media dan bagaimana operasional hingga monetisasinya.

Wens menambahkan, pelatihan media digital ini mendapat dukungan dari Internews dan USAID MEDIA. Sebelum training, AMSI telah menggelar ToT (Training of Trainers) untuk menyusun materi, kurikulum hingga modul dengan mendatangkan banyak kalangan, mulai dari agency nasional, asosiasi publisher, dosen, peneliti hingga para praktisi yang berpengalaman mengelola media digital.

Senada, Wakil Ketua I AMSI, sekaligus penanggung jawab program pelatihan, Suwarjono, goal dari pelatihan ini adalah membangun media yang sehat kontennya, dan kuat bisnisnya ke depan.

Diketahui, terdapat 7 materi utama yang diberikan kepada peserta pelatihan yang berlangsung secara daring ini yaitu: Business Environment, Brand Development, Business Management, Content Development, Distribution Development, Audience Development dan Revenue Development.

"Jadi kita membedah dari A-Z media digital. Dari visi awal membangun media, manajemen, konten, distribusi hingga bisnis model,” kata lelaki yang sering disapa Jono ini.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terima 49 Pendaftar

Sebagai informasi, sekretariat AMSI menerima 49 pendaftar dari 18 wilayah di Indonesia, seperti Papua, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jakarta. 

Setelah melalui proses seleksi 30 tim media dinyatakan lolos mengikuti pelatihan dan dibagi menjadi dua kelompok.

Berikut rincian jadwal pelatihan Media: 

-21 Juni 2021: Pelatihan pertama dengan tema Business Environment. Latihan dimoderatori oleh Suwarjono (Editor in Chief Suara.com) dan pembicara tamu Wahyu Dhyatmika (Editor in Chief Majalah Tempo).

-22 Juni 2021: Pelatihan dipandu oleh Dwi Eko Lokononto (Editor in Chief Berita Jatim) dengan tema Brand Development.

-23 Juni 2021: Pelatihan dipandu oleh Suwarmin (Direktur Bisnis dan Konten Solopos.com) dengan tema Business Management.

-24 Juni 2021: Pelatihan bertema Content Development dibawakan oleh I Nengah Muliarta (Dewan Redaksi Beritabali.com) dan Machroni Kusuma (Editor in Chief Berita Indonesia Link).

-25 Juni 2021: Tema Distribution Development dibawakan oleh Irna Gustiawati (Editor in Chief Liputan6.com) dan Yuli Sulistyawan (GM Content Tribunnews).

Sebagai informasi, sejumlah pimpinan media seperti, Iin Yumiyati (Editor in Chief News Haibunda.com dan Deputy Director Detik.com), Citra Dyah Prastuti (Editor in Chief KBR.id) dan Maryadi (VP Business & Digital Katadata) akan mengisi materi workshop sesi Senin (28 Juni) dan Selasa (29 Juni).

Diketahui, setelah pelatihan ini, AMSI akan memilih 10 tim media untuk mendapatkan pendampingan (mentorship) oleh praktisi media online Jakarta.

Kegiatan intensif ini akan diberikan selama tiga bulan untuk pendalaman materi dan praktik pengembangan media sesuai kebutuhan media lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.