Sukses

Kasus Covid-19 Naik, Permintaan Plasma Darah di PMI Kota Tangerang Meningkat

Permintaan plasma konvalesen di Kota Tangerang meningkat tajam seiring dengan naiknya kasus Covid-19 di daerah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Permintaan plasma konvalesen di Kota Tangerang meningkat tajam seiring dengan naiknya kasus Covid-19 di daerah tersebut.

Fakta itu diungkapkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang yang memfokuskan diri untuk distribusi plasma konvalesen ke beberapa daerah. Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Jumansyah menjelaskan, permintan plasma konvalesen sedang naik drastis.

"Permintaan sangat sangat sangat banyak di kami. Beberapa rumah sakit di luar dan di dalam Kota Tangerang banyak yang minta (plasma konvalesen)," jelas Oman, Senin (28/6/2021).

Maka dari itu, pihaknya membuka jalur untuk warga ber-KTP luar Kota Tangerang untuk menyumbangkan plasma konvalesen. Nantinya, plasma konvalesen itu akan disalurkan kepada rumah sakit yang membutuhkan.

"Misal ada orang KTP DKI Jakarta dan mau donor di sini dipersilahkan banget, nanti plasma konvalesennya akan diberikan kepada rumah sakit gak di Kota Tangerang saja, ke daerah lain, tergantung permintaan," terang Oman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Stok Plasma Konvalesen

Saking tingginya permintaan, Oman mengatakan, PMI Kota Tangerang tidak akan menyetok persediaan plasma darah tersebut, melainkan langsung menyalurkan bagi pasien Covid-19 yang memerlukan.

"Pokoknya kita enggak stok, begitu ada plasma konvalesen langsung kita kirim saja," katanya.

Saat ini, rata-rata sehari ada 20 permintaan plasma konvalesen dari berbagai rumah sakit kepada PMI Kota Tangerang.

Data terbaru pada Senin (28/6/2021) pada pukul 12.00 WIB, jumlah permintaan plasma konvalesen yang terlayani oleh PMI Kota Tangerang adalah, golongan darah A sebanyak 670 kantong, golongan darah B 691 kantong, golongan darah O 1007 kantong dan golongan darah AB 146 kantong, sehingga total 2.514 kantong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.