Sukses

Pemprov DKI Siapkan Rusun Pasar Rumput Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 OTG

Rusun Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan akan dijadikan tempat isolasi bagi pasien Covid-19 yang tidak bergejala alias OTG.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mempersiapkan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan menjadi tempat isolasi baru bagi para pasien Covid-19.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria menyatakan, pasien Covid-19 yang akan ditempatkan di Rusun Pasar Rumput adalah mereka yang tidak bergejala alias orang tanpa gejala (OTG).

"Alhamdulillah hari ini saya mengecek persiapan rusun pasar rumput yang akan digunakan sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19," kata Riza di lokasi, Jumat (25/6/2021).

Riza mengamini, kapasitas di RSD Covid-19 Wisma Atlet sudah hampir penuh. Karenanya, Riza memastikan Rusun Pasar Rumput memiliki kapasitas yang memadai untuk menampung jumlah pasien yang masih terus bertambah.

"Kapasitas yang ada di sini jumlah kamar dari tower 1, 2, dan 3 itu totalnya ada 1.984 kamar, direncanakan diisi dengan 4 tempat tidur per kamar, itu totalnya berarti kurang lebih 7.936 tempat tidur yang akan dipersiapkan," beber Riza.

Selain tempat tidur, setiap kamar juga akan difasilitasi dengan pendingin ruangan dan kipas angin. Nantinya, penyediaan fasilitas tersebut akan didukung oleh Kementerian PUPR yang berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta.

"Sudah dikirim dari PUPR, terima kasih Pak Menteri, Pak Dirjen dan jajaran, AC bertahap akan dipasang, tempat tidur dan faskes lainnya," katanya menandasi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Tempat Alternatif Pertama

Lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta membuat Pemprov DKI mencari tempat alternatif untuk menampung pasien isolasi mandiri.

Rusun Pasar Rumput bukanlah tempat alternatif pertama. Sebelumnya, Pemprov DKI sudah membuka tiga lokasi senada, seperti di Graha Ragunan, Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah, dan Rumah Susun Nagrak Cilincing.

3 dari 3 halaman

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Terancam Kolaps

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.