Sukses

Polda Metro Jaya Siap Antar Pasien Covid-19 yang Kesulitan Ambulans ke RS

Masyarakat bisa melaporkan ke TMC Polda Metro Jaya jika menemukan pasien Covid-19 yang kesulitan mendapatkan angkutan untuk ke rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, mengintruksikan jajarannya mengalihfungsikan ambulans milik Polda Metro Jaya untuk mengangkut pasien Covid-19 ke rumah sakit.

Perintah itu menyusul temuan pasien Covid-19 yang kesulitan mendapat akses kendaraan untuk pergi ke rumah sakit. Fadil menyinggung kasus pasien Covid-19 yang ada di Jakarta Selatan.

Diketahui, Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Antonius Agus Rahmanto mengevakuasi seorang warga yang tengah kritis lantaran terpapar Covid-19 di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (24/6/2021) kemarin.

"Kami siapkan mobil ambulans untuk menolong masyarakat yang hendak ke rumah sakit, namun tidak memiliki sarana angkut. Seperti yang terjadi di Jakarta Selatan, atau ada sarana angkut namun warga tidak berani," kata dia di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (25/6/2021).

Fadil menerangkan, ambulans bergerak secara mobile. Selain itu, masyarakat juga bisa melaporkan ke Command Center dan Traffic Management Center (TMC) seandainya menemukan pasien Covid-19 yang mengalami hal serupa.

"Jadi, apabila tim patroli ini menemukan atau Command Center dan Traffic Management Center mendapat laporan ada masyarakat yang meminta bantuan, maka mobil ambulans tadi akan bekerja menjemput. Ini untuk memperkuat ambulans yang dioperasionalkan oleh Pemda DKI Jakarta di setiap wilayah," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wakapolres Jaksel Antar Pasien Covid-19 Kritis

Sebelumnya diberitakan, Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Antonius Agus Rahmanto mengevakuasi seorang warga yang tengah kritis lantaran terpapar Covid-19 di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (24/6/2021).

Hal itu dibenarkan Kapolres Metro Jakarta Selatan Azis Andriansyah. Menurut Azis, AKBP Agus dengan menggunakan alat perlindungan diri (APD) segera melarikan warga tersebut ke RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Wakapolrestro Jaksel AKBP Agus melakukan evakuasi warga dalam keadaan kritis karena sakit Covid-19 untuk diantar ke rumah sakit," kata Azis.

Dia mengatakan, AKBP Agus melakukan langkah tersebut lantaran warga tersebut tak juga kunjung mendapatkan penanganan medis. Padahal, kondisinya sudah semakin kritis.

"Menunggu ambulans dan petugas kesehatan tak kunjung datang, AKBP Agus bergegas mengambil tindakan guna upaya menyelamatkan warga," ujar dia.

"Dengan transportasi yang ada, AKBP Agus bergegas menggunakan APD untuk segera membawa warga tersebut agar cepat memperoleh pertolongan," imbuh Azis.   

3 dari 3 halaman

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Terancam Kolaps

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.