Sukses

Pasien Menghampar di Luar Rumah Sakit, Ini Alasan RSUD Kota Bekasi

Pemempatan pasien di halaman tanpa atap disebabkan ruang di dalam tenda darurat dinyatakan penuh untuk pasien-pasien triase.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video viral di RSUD Kota Bekasi menampilkan pemandangan tak biasa di halaman luar rumah sakit tersebut. Sejumlah orang dengan tangan terinfus terlihat menghampar di dekat tenda darurat.

Bahkan, ada seorang ibu yang tergeletak lemas di sebuah mobil bak terbuka. Terpantau, ada seorang tenaga kesehatan yang tengah menangani ibu tersebut.

Direktur Utama RSUD Kota Bekasi, Kusnanto Saidi, membenarkan video viral tersebut terjadi di rumah sakitnya pada hari ini, Jumat (25/6/2021). Namun, dia menegaskan, mereka yang tampak di video itu bukan ditelantarkan, meski menunggu pemeriksaan bergilir untuk memastikan kondisi kesehatan karena memiliki gejala Covid-19.

"Mereka pasien triase (pasien dengan status penanganan dini)," kata Kusnanto kepada awak media, Jumat (25/6/2021).

Dia menjelaskan, kondisi penempatan pasien yang terhampar di halaman luar tanpa atap disebabkan ruang di dalam tenda darurat dinyatakan penuh untuk pasien-pasien triase.

"Tenda darurat sudah penuh di hari kedua usai didirikan. Tenda ini dibangun untuk triase," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

IGD untuk Rawat Inap

Sedangkan ruang IGD yang biasa ditempatkan untuk mereka, menurut Kusnanto, sudah dialihfungsi sebagai ruang rawat inap pasien Covid-19.

"Jadi, ruang IGD yang sekarang sudah kita fungsikan untuk ruang rawat inap pasien Covid-19," ungkap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.