Sukses

Soal Video Kerumunan Vaksinasi Covid-19 Massal di Stadion Patriot, Ini Kata Pemkot Bekasi

Vaksinasi ini diikuti 8.000 orang dari 8 kecamatan, yakni Bekasi Timur, Bantargebang, Rawalumbu, Mustikajaya, Pondokgede, Jatiasih, Pondok Melati, dan Jatisampurna.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang memperlihatkan suasana kerumunan saat berlangsungnya kegiatan vaksinasi Covid-19 massal di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Rabu 23 Juni 2021, beredar di media sosial.

Terkait hal ini, Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Sajekti Rubiyah menjelaskan, bahwa kerumunan yang dimaksud merupakan peserta vaksinasi yang sudah dinyatakan sehat dan siap untuk divaksin.

"Para peserta itu sedang berjalan menuju meja vaksin. Memang terlihat seperti berkerumun, namun itu sudah diterapkan prokes, pembatasan sebelumnya," kata Sajekti, Kamis (24/6/2021).

Menurutnya, Pemkot Bekasi sudah menyiapkan petugas untuk mengatur ketertiban dan kelancaran vaksinasi, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Dan petugas juga sudah mengatur, tidak semua digabungkan masuk. Dan itu semua mengalir berjalan, tidak diam berkerumun," jelasnya.

Selain itu, jumlah peserta vaksinasi yang hadir Rabu kemarin, tidak sampai 25 persen dari kapasitas maksimal pengunjung Stadion Patriot Candrabhaga.

"Kapasitas stadion 35.000 dan peserta hanya 8.000. Itu sudah sesuai dengan penerapan prokes ketat. Para petugas juga telah mengatur agar tidak terjadi penumpukan dan antrean, baik di pintu masuk maupun area vaksin," paparnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angle Tidak Tepat

Karena itu ia menilai pengambilan gambar dalam video vaksinasi yang beredar, menggunakan angle yang tidak tepat sehingga nampak seperti kerumunan orang yang melanggar prokes.

"Hanya saja mungkin dari sudut pengambilan video yang kurang pas," pungkas Sajekti.

Vaksinasi Covid-19 massal untuk wilayah 2 dan 3 yang digelar Rabu 23 Juni 2021, berjalan dengan tertib dan lancar. Giat ini diikuti sebanyak 8.000 orang dari 8 kecamatan, yakni Bekasi Timur, Bantargebang, Rawalumbu, Mustikajaya, Pondokgede, Jatiasih, Pondok Melati, dan Jatisampurna.

Vaksinasi massal melibatkan 416 tenaga medis dan ratusan petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan pihak kecamatan masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.