Sukses

Peran 4 Tersangka Penyerangan dan Penembakan di Taman Sari Jakarta Barat

Sebanyak 10 orang diamanakan usai melakukan penyerangan dan penembakan di Jalan Mangga Besar VI D Taman Sari Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 10 orang diamanakan usai melakukan penyerangan dan penembakan di Jalan Mangga Besar VI D Taman Sari Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Ady Wibowo mengatakan, empat orang di antaranya telah menyandang status sebagai tersangka. Mereka adalah JP, HS, DP dan PW.

"JP yang membawa senpi revolver. Sementara HS, DP dan PW tersangka atas kepemilikan senjata tajam yg kami amankan di lokasi penangkapan kawasan Tebet," ujar Ady soal penembakan tersebut.

Hasil pemeriksaan juga mengungkap HS adalah pengguna narkoba. Ady menerangkan, HS bersama seorang yang diamankan berinisial NSK terbukti positif mengonsumsi sabu berdasarkan pengecekan urine.

"Kami cek urin hasilnya positif sabu," ujar dia.

Ady menerangkan, para pelaku sehari-hari bekerja sebagai jasa penagih hutang atau debt collector.

"Mereka debt collector yang pernah lakukan kegiatan di wilayah Bekasi dan Jakpus," ujar dia.

Kasus penembakan ini berawal dari adanya pesat minuman keras dalam rangka merayakan hari ulang tahun. Acara digelar di pinggir Jalan Mangga Besar VI D Taman Sari Jakarta Barat, pada Selasa, 22 Juni 2021 dini hari. Warga sekitar merasa terganggu dengan aktivitas mereka.

"Warga tidak nyaman. Setelah itu warga berkumpul untuk peringatkan mereka," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Terima Ditegur Warga

Warga meminta mereka membubarkan diri. Tapi teguran itu tak digubris, mereka malah melakukan penyerangan. Bahkan ada yang sampai melepaskan tembakan.

"Oleh orang-orang yang diamankan ini mencoba lakukan perlawanan terhadap warga yang ingin hentikan kegiatan itu," ucap dia.

Ady menerangkan, pelaku yang melepaskan tembakan berinisial JP. Sementara, HS, DP dan PW meacungkan parang.

"Karena cukup banyak masyarakat mendekati dia (JP) tembak 1 kali ke atas dan 3 tempatnya memamerkan parang," terang dia.

Ady menerangkan, para pelaku akhirnya menyerah. Namun, JP kembali mengeluarkan satu kali tembakan ke arah lurus ketika hendak masuk ke kendaraan.

 

3 dari 3 halaman

Peluru Lukai Seorang Warga

Peluru yang dimuntahkan terkena seorang remaja berinisial MIS (18). Ia mengalami luka tembak pada bagian ketiak.

"Korban saat ini masih berada di rumah sakit Peluru sudag tidak bersarang di badannya tapi masih dapat perawatan dan informasi terakhir kondisi semakin membaik," ujar dia.

Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat bersama dengan Unit Reskrim Polsek Taman Sari menangkap sepuluh orang terduga pelaku di kawasan Bukit Duri, Tebet Jaktim. Selain itu, turut disita senjata api jenis revolver berikut lima butir peluru tajam dan sejumlah senjata tajam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.