Sukses

Kronologi Penangkapan Pelaku Penembakan Remaja di Jakarta Barat

Peristiwa penyerangan dan penembakan ini bermula dari teguran warga kepada 10 orang yang merayakan ulang tahun dengan berpesta minuman keras di pinggir jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap 10 orang yang melakukan penyerangan dan penembakan terhadap warga di Jalan Mangga Besar VI D Taman Sari, Jakarta Barat. Akibat kejadian itu, salah seorang remaja berinisial MIS (18) terkena luka tembak.

Kanit Reskrim Polsek Metro Taman Sari AKP Lalu Mesti Ali menerangkan, para pelaku ditangkap di sebuah rumah kontrakan kawasan Bukit Duri Tebet, Jakarta Selatan. Saat dilakukan penggerebekan, para pelaku sedang tertidur.

"Mereka lagi pada tidur," ucap dia saat dihubungi, Rabu (23/6/2021).

Lalu menerangkan, penyerangan dan penembakan tersebut terekam kamera CCTV. Beberapa warga pun mengenali wajah satu terduga pelaku sehingga, memudahkan kepolisian untuk menelusurinya.

"Kita lihat CCTV, kebetulan ada salah satu dari mereka itu memang yang dikenal. Nah ada orang sekitar situ yang kenal. Berbekal informasi itu akhirnya kita lakukan penyelidikan," ujar dia.

Lalu mengatakan, pihaknya kemudian mendapati informasi tempat persembunyian para pelaku penyerangan dan penembakan. Rupanya, usai beraksi para pelaku bertolak ke kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan.

"Kita tanya tetangga sekitar identitas orang yang kita cari, benar atau enggak tinggal di situ. Berdasarkan keterangan masyarakat situ mereka kenal dengan yang berbuat apa-apa itu," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Sita Airsoft Gun

Saat penangkapan, turut disita beberapa senjata tajam, airsoft gun dan senjata api rakitan jenis revolver. Lalu menerangkan, senjata itulah yang digunakan oleh salah satu pelaku berinisial JB melukai seorang remaja di Taman Sari Jakbar.

"Jadi ada satu senjata yang sudah diakui oleh pelaku utama memang itu yang digunakan, jenis senjata revolver sama ada beberapa senjata tajam. Di salah satu mereka itu kita temukan airsoft gun," ujar dia.

Sebelumnya, seorang remaja ditembak oleh orang tidak dikenal (OTK) di Jalan Mangga Besar VI D Taman Sari, Jakarta Barat pada Selasa dini hari 22 Juni 2021.

Korban MIS (18) mengalami kritis usai terkena luka tembak pada bagian ketiak dan tangan. Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat dan Polsek Taman Sari turun tangan melakukan penyelidikan.

Berdasarkan pemeriksaan, kejadian ini bermula dari teguran warga kepada 10 orang yang merayakan ulang tahun dengan berpesta minuman keras di pinggir jalan.

Warga yang risih dengan tingkah mereka mencoba untuk menegur. Tidak terima ditegur, mereka membalas warga dengan melakukan penyerangan. Salah seorang di antaranya bahkan memuntahkan peluru ke arah warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.