Survei: Kepercayaan Publik Terhadap Polri Tertinggi, KPK Paling Rendah

Oleh Liputan6.com pada 23 Jun 2021, 08:33 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 08:51 WIB
Pegawai KPK Dilantik Jadi ASN, Pengamanan Gedung KPK Diperkuat
Perbesar
Kendaraan taktis milik Polri disiagakan di jalan Kuningan Persada sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (1/6/2021). Pengamanan gedung KPK dan sekitarnya diperketat terkait upacara pelantikan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Cyrus Network merilis hasil survei tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum. Hasilnya, Polri paling dipercaya publik, sementara KPK turun di urutan terakhir.

Polri memiliki kepercayaan publik dengan angka 86,2 persen, diikuti Mahkamah Agung dengan angka 85,9 persen, Kejaksaan Agung 82,2 persen, dan di posisi terakhir KPK 80,7 persen.

"Kami menemukan Polri menempati peringkat teratas sebagai lembaga penegak hukum yang paling dipercaya oleh publik, diiikuti Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, dan KPK," papar Direktur Riset Cyrus Network, Fadhli MR dalam keterangannya, Selasa (22/6/2021).

Fadhli mengatakan, kepercayaan publik terhadap Polri meningkat dari survei sebelumnya yang hanya 62,5 persen.

"Angka ini naik meningkat jika dibandingkan dengan survei kami sebelumnya yang menunjukkan di angka 62,5%," beber dia.

Sementara, tingkat kepercayaan publik terhadap KPK lebih rendah dibanding lembaga lain. Fadhli menduga rendahnya kepercayaan terhadap KPK lantaran berbagai isu yang menimpa komisi antirasuah itu.

"Selisihnya tipis-tipis, sebagian masih dalam rentang margin of error. Hanya tingkat kepercayaan terhadap KPK, lebih rendah dibanding lembaga yang lain. Hal ini mungkin dipengaruhi ramainya isu seputar KPK belakangan ini," kata Fadhli.

 

Survei Diikuti 1.230 Responden

FOTO: Mahasiswa Tolak Tes Wawasan Kebangsaan dan Pelantikan Pegawai KPK jadi ASN
Perbesar
Mahasiswa yang tergabung dalam BEM Institut Pertanian Bogor menunjukkan poster saat melakukan aksi unjuk rasa di jalan Kuningan Persada sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Mereka menolak TWK dan pelantikan pegawai KPK menjadi ASN. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Survei Cyrus Network ini dilakukan pada tanggal 28 Mei-1 Juni 2021 dengan jumlah responden sebesar 1.230 responden tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 Provinsi.

Survei dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan (significant level) survei ini adalah 95% dengan margin of error sebesar +/- 2,85%.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis Novel Baswedan, Perlawanan 75 Pegawai KPK

Infografis Novel Baswedan, Perlawanan 75 Pegawai KPK
Perbesar
Infografis Novel Baswedan, Perlawanan 75 Pegawai KPK (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓