Sukses

Survei: Kepercayaan Publik Terhadap Polri Tertinggi, KPK Paling Rendah

Fadhli menduga rendahnya kepercayaan terhadap KPK lantaran berbagai isu yang menimpa komisi antirasuah itu.

Liputan6.com, Jakarta - Cyrus Network merilis hasil survei tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum. Hasilnya, Polri paling dipercaya publik, sementara KPK turun di urutan terakhir.

Polri memiliki kepercayaan publik dengan angka 86,2 persen, diikuti Mahkamah Agung dengan angka 85,9 persen, Kejaksaan Agung 82,2 persen, dan di posisi terakhir KPK 80,7 persen.

"Kami menemukan Polri menempati peringkat teratas sebagai lembaga penegak hukum yang paling dipercaya oleh publik, diiikuti Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, dan KPK," papar Direktur Riset Cyrus Network, Fadhli MR dalam keterangannya, Selasa (22/6/2021).

Fadhli mengatakan, kepercayaan publik terhadap Polri meningkat dari survei sebelumnya yang hanya 62,5 persen.

"Angka ini naik meningkat jika dibandingkan dengan survei kami sebelumnya yang menunjukkan di angka 62,5%," beber dia.

Sementara, tingkat kepercayaan publik terhadap KPK lebih rendah dibanding lembaga lain. Fadhli menduga rendahnya kepercayaan terhadap KPK lantaran berbagai isu yang menimpa komisi antirasuah itu.

"Selisihnya tipis-tipis, sebagian masih dalam rentang margin of error. Hanya tingkat kepercayaan terhadap KPK, lebih rendah dibanding lembaga yang lain. Hal ini mungkin dipengaruhi ramainya isu seputar KPK belakangan ini," kata Fadhli.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Survei Diikuti 1.230 Responden

Survei Cyrus Network ini dilakukan pada tanggal 28 Mei-1 Juni 2021 dengan jumlah responden sebesar 1.230 responden tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 Provinsi.

Survei dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan (significant level) survei ini adalah 95% dengan margin of error sebesar +/- 2,85%.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Infografis Novel Baswedan, Perlawanan 75 Pegawai KPK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.