Sukses

RS Yarsi Akui Kesulitan Mendapat Penambahan Ranjang Bagi Pasien Covid-19

Andi Erlina mengatakan, pihaknya sudah memesan ranjang tempat tidur untuk penambahan pasien Covid-19 yang melonjak sejak seminggu lalu.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Pelayanan Medis RS Yarsi, Andi Erlina mengatakan, pihaknya sudah memesan ranjang tempat tidur untuk penambahan pasien Covid-19 yang melonjak sejak seminggu lalu.

Meski sudah memesan, menurut dia, hal tersebut tidak begitu mudah. Karena pihak penyedia kemungkinan kewalahan.

"Penambahan bed juga tidak mudah, kami sudah order seminggu, sampai sekarang belum terpenuhi karena mereka juga kewalahan memenuhi permintaan RS yang sangat besar," kata Andi kepada Liputan6.com, Selasa (22/6/2021).

Lonjakan kasus Covid-19, kata dia, juga bukan hanya membuat rumah sakit penuh. Menurutnya banyak tenaga kesehatan yang kelelahan karena mesti sepanjang tugas menggunakan APD.

"Untuk saat ini, yang dikhawatirkan selain paparan terhadap virus, juga ada kelelahan. Mengingat mereka harus APD lengkap selama berdinas, jumlah SDM yang terbatas dengan jumlah beban kerja yang meningkat," jelas Andi.

Bahkan ada sejumlah tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19. Kondisi ini tentu membuat beban rumah sakit semakin berat mengingat SDM yang tentu saja bakal menurun lantaran mesti isolasi ataupun dirawat.

"Akan jadi kendala juga pada saat ada nakes (tenaga kesehatan) yang confirmed Covid, akan terjadi kekurangan SDM. Yang saat ini sudah overload beban kerjanya," tutur Andi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Himbau Masyarakat

Untuk itu Andi meminta seluruh masyarakat turut membantu kerja para tenaga kesehatan dengan mengindahkan penerapan protokol kesehatan.

"Itulah, sangat prihatin situasi saat ini. Semoga masyarakat bisa ikut berperan aktif untuk mengatasi kondisi ini," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • RS Yarsi