Sukses

6 Hal yang Disampaikan Anies di HUT ke-494 Jakarta

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tema dirgahayu tahun ini adalah Jakarta Bangkit.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, Selasa (22/6/2021), Provinsi DKI Jakarta berulang tahun ke-494. Di tengah pandemi Covid-19, tak ada perayaan khusus di hari jadi Ibu Kota pada 2021.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tema dirgahayu tahun ini adalah Jakarta Bangkit. Dia berharap tema tersebut menjadi refleksi bagi seluruh warga Jakarta agar terus bangkit menghadapi kondisi tersulit pandemi Covid-19.

Saat memimpin upacara perayaan hari jadi Jakarta, Anies mengingatkan, setiap manusia yang datang ke Jakarta sudah secara sadar tidak akan mudah tinggal di Ibu Kota. Namun semua kesulitas bisa dihadapi dengan kesiapan mental.

Secara perlahan, kata Anies, orang dengan bekal hidup terbatas mampu terus bertahan di Jakarta atas tekad tangguh yang dimiliki.

"Kota ini menjadi saksi ratusan ribu jutaan orang datang dengan bekal ala kadarnya dan di kota ini kesempatan dibuka, sehingga bekal itu telah menjadi kemajuan, terjadi perubahan pada kondisi ekonominya," ucap Anies dalam sambutannya sebagai inspektur upacara di Balai Kota, Selasa (22/6/2021).

Selain itu, Anies pun optimistis, Jakarta akan menjadi lebih baik bagi semua individu yang ada di dalamnya. Dia mengatakan, hal tersebut dapat terlihat saat pandemi Covid-19 telah terlewati.

Berikut sederet hal yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di HUT ke-494 Ibu Kota dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Jelaskan Makna Tema HUT Jakarta

Provinsi DKI Jakarta merayakan hari jadinya yang ke-494 tahun. Tema pada dirgahayu tahun ini adalah Jakarta Bangkit.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap tema ini sebagai refleksi bagi seluruh warga Jakarta agar terus bangkit menghadapi kondisi tersulit pandemi Covid-19.

Saat memimpin upacara perayaan hari jadi Jakarta, Anies mengingatkan, setiap manusia yang datang ke Jakarta sudah secara sadar tidak akan mudah tinggal di Ibu Kota. Namun semua kesulitan bisa dihadapi dengan kesiapan mental.

Secara perlahan, kata Anies, orang dengan bekal hidup terbatas mampu terus bertahan di Jakarta atas tekad tangguh yang dimiliki.

"Kota ini menjadi saksi ratusan ribu jutaan orang datang dengan bekal ala kadarnya dan di kota ini kesempatan dibuka, sehingga bekal itu telah menjadi kemajuan, terjadi perubahan pada kondisi ekonominya," ucap Anies dalam sambutannya sebagai inspektur upacara di Balai Kota, Selasa (22/6/2021).

 

3 dari 8 halaman

Sebut Jakarta Berisi Pribadi Tangguh Sanggup Hadapi Pandemi

Anies mengatakan, persoalan-persoalan yang muncul akibat pandemi Covid-19 harus diatasi bersama.

Menurut Anies, itu bukanlah hal mustahil bagi Jakarta, sebab Ibu Kota dipenuhi dengan para individu tangguh.

"Pribadi-pribadi tangguh di kota ini berkumpul, orang-orang yang sanggup untuk menghadapi tantangan sanggup untuk menghadapi cobaan tidak mudah menyerah," kata dia.

 

4 dari 8 halaman

Yakinkan Jakarta Bisa Bangkit Hadapi Pandemi

Anies meyakini, para individu yang berjuang di Jakarta selalu ingin mendapatkan peningkatan dan siap untuk bekerja keras dengan penuh kesungguhan.

Karenanya, Anies percaya bahwa di tahun ini Jakarta bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

"Tahun lalu kita menghadapi pandemi dan kita merayakan ulang tahun Jakarta dengan mengambil tema Jakarta tangguh, kemudian tahun ini kita mengambil tema Jakarta bangkit sembari mengingatkan semua bahwa sifat dasar dari pribadi-pribadi yang ada di kota ini adalah orang-orang yang mau menghadapi tantangan," kata Anies.

Anies percaya, dengan tangguh dan bangkit akan mencipakan kedisiplinan dan tanggung jawab dalam mengendalikan angka pandemi Covid-19 yang terus melonjak.

"Insyaallah Kota Jakarta yang hari ini memperingati hari ulang tahunnya menjadi kota yang makin maju, kota yang makin berkembang, kota yang makin menjadi kebanggaan bagi semuanya," tutur Anies.

 

5 dari 8 halaman

Minta Tanggung Jawab Warga DKI Ikuti Protokoler Kesehatan

Kemudian, Anies mengatakan, disiplin dan tanggung jawab terhadap protokol kesehatan adalah hal utama bagi setiap warga DKI di masa pandemi.

"Kita perlu disiplin kita perlu memastikan bahwa setiap kita menjalankan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya tanggung jawab paling kecil yang bisa kita lakukan adalah melindungi diri kita melindungi keluarga kita dengan mengikuti seluruh protokol kesehatan," kata Anies .

Anies percaya, dengan kedisiplinan dan tanggung jawab, maka Jakarta bisa dengan segera mengendalikan angka pandemi Covid-19 yang terus melonjak.

"Insyaallah kota Jakarta yang hari ini memperingati hari ulangtahunnya menjadi kota yang makin maju kota yang makin berkembang, kota yang makin menjadi kebanggaan bagi semuanya," harap Anies.

 

6 dari 8 halaman

Yakin Jakarta Jadi Kota yang Lebih Ramah

Anies pun optimistis, Jakarta akan menjadi lebih baik bagi semua individu yang ada di dalamnya. Dia mengatakan, hal ini dapat terlihat saat pandemi Covid-19 telah terlewati.

"Jakarta akan menjadi kota yang terbaik lebih baik Jakarta menjadi kota yang lebih ramah kepada semua Jakarta menjadi kota yang lebih berketahanan warganya merasakan kebahagiaan," ucap dia.

Anies yakin, Jakarta adalah kota yang selalu dalam keberkahan Allah dalam segala situasi. Terlebih pada pandemi Covid-19 ini yang harus tetap dijalani dengan ikhlas.

"Ini adalah sebuah masa yang tidak mudah ini adalah masa yang penuh tantangan ini masa yang sering disebut sulit tapi insyaallah kita jalani ini dengan keikhlasan," yakin Anies Baswedan.

 

7 dari 8 halaman

Doakan Seluruh Jajaran dan Pesan untuk Warganya

Kepada jajarannya, Anies turut mendoakan, agar kerja keras mereka terbayar dengan amal kebaikan tanpa henti ke generasi mendatang.

"Dirgahayu kota Jakarta, terimakasih kontribusinya dan Insya Allah menjadi amal jariyah dan pahala tanpa henti, semoga Allah SWT merahmati kota Jakarta dan melindungi kita semua," terang dia.

Anies pun mendorong agar warga Jakarta bisa terus menjalani hidup di tengah pandemi dengan komitmen yang tinggi dan tanggung jawab penuh untuk saling melindungi. Salah satunya dengan serius disiplin menegakkan protokol kesehatan.

"Tanggung jawab pada diri kita masing-masing adalah untuk meneruskan sejarah umat manusia di kota ini meneruskan sejarah orang-orang tangguh di kota ini meneruskan sejarah gemilang dari generasi ke generasi sebelumnya demi masa depan yang lebih baik," Anies menandasi.

8 dari 8 halaman

Kasus Covid-19 di Jakarta Masih Tinggi, Perlu Rem Darurat?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.