Potret Keakraban TNI dan Warga di Tangerang Sembari Kampanyekan Prokes Covid-19

Oleh Pramita Tristiawati pada 23 Jun 2021, 15:59 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 15:59 WIB
Melihat Karibnya Anggota TNI dan Warga di Desa Jambe, Tangerang
Perbesar
Dansatgas TMMD Letkol Inf Bangun IE Siregar memantau langsung pelakasanan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 0510/Trs di Desa Jambe, Tangerang (Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Tangerang - Keakraban TNI dengan rakyat tak perlu diragukan lagi. Terlebih saat para personel TNI tengah membangun jalan desa di Kampung Daraham, Desa Jambe, Tangerang melaui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 0510/Trs.  

Begitu juga saat Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bagun IE Siregar selaku Dansatgas TMMD 111, meninjau lokasi sasaran fisik utama TMMD. Saat tengah memantau personelnya bekerja, tanpa sengaja, Dansatgas melihat bayi yang sedang asik di atas dorongan bersama kakaknya, didampingi kakeknya bernama Jasrip.

Naluri seorang kebapakan muncul, Dansatgas langsung menghampiri bayi yang baru berusia kurang satu tahun itu. Dengan penuh kasih sayang, Dansatgas mengajak sang bayi bercanda.

Sang bayi terlihat tersenyum dan tertawa ceria sambil menggerakkan kaki dan tangannya kepada Dansatgas. Bahkan, sang bayi dengan jemari tangan mungilnya memegang erat tangan Dansatgas dan ingin diajak bermain - main.

Dansatgas TMMD 111 Letkol Inf Bangun IE Siregar mengatakan tugas dan tanggung jawab seorang Komandan tidak hanya fokus pekerjaan kantor saja, namun juga mampu berkomunikasi seperti dikala sedang bersama masyarakat tidak terkecuali anak kecil sekalipun.

"Tugas dan tanggung jawab tidak hanya memantau dari kantor saja, tetapi kita juga turun memantau secara langsung di lapangan.  Selain itu juga menjalin komunikasi dengan masyarakat termasuk anak-anak," tutur Dansatgas.

Menurutnya, sambil bersenda-gurau, anggota juga bisa berikan wawasan tentang TNI terhadap anak-anak.

"Alhamdulilah mereka senang dan ada juga yang bercita-cita menjadi seorang prajurit TNI," katanya.

Ingatkan Warga Terapkan Prokes

Bukan hanya sekedar mengurus TMMD, di tengah pandemi Covid-19, anggota TNI juga tak henti mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan selama beraktifitas di luar rumah.

Letkol Bangun juga mengingatkan seorang warga bersama anak kecil yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah saat meninjau lokasi sasaran kegiatan di Kampung Daraham, Desa Jambe tersebut.

"Oleh karena itu, bersamaan kegiatan TMMD ke-111 Kodim 0510/Trs tahun 2021, seluruh Satgas tetap tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan pembangunan jalan dan juga membantu mengingatkan warga pentingnya menggunakan masker," kata Dandim.

Tidak hanya mengingatkan tentang protokol kesehatan, Dandim juga membagikan masker kepada warga apabila kedapatan beraktivitas di luar rumah tidak memakai masker.

"Semoga di lokasi TMMD ke-111 Kodim 0510/Trs di Kampung Daraham semua bebas dari penyebaran virus Covid 19. Mari kita tetap menjaga Protokol kesehatan," katanya.

Sementara, Syamsiah (52) warga Kampung Daraham Desa Jambe mengucapkan terimakasih kepada anggota TNI yang selalu mengingatkan warga untuk protokol kesehatan.

"Saya ucapkan terimakasih atas pemberian maskernya kepada kami, masker ini bermanfaat buat mencegah penyebaran Covid 19," jelasnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓