Anies Ungkap Makna Tema Jakarta Bangkit di HUT DKI ke-494

Oleh Liputan6.com pada 22 Jun 2021, 09:33 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 09:50 WIB
Anies Baswedan
Perbesar
Rencana pembukaan bioskop, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tegaskan pelaku usaha bioskop harus patuhi protokol kesehatan saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020). (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)

Liputan6.com, Jakarta Provinsi DKI Jakarta merayakan hari jadinya yang ke-494 tahun. Tema pada dirgahayu tahun ini adalah Jakarta Bangkit. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap tema ini sebagai refleksi bagi seluruh warga Jakarta agar terus bangkit menghadapi kondisi tersulit pandemi Covid-19.

Saat memimpin upacara perayaan hari jadi Jakarta, Anies mengingatkan, setiap manusia yang datang ke Jakarta sudah secara sadar tidak akan mudah tinggal di ibu kota. Namun semua kesulitas bisa dihadapi dengan kesiapan mental.  

Secara perlahan, kata Anies, orang dengan bekal hidup terbatas mampu terus bertahan di Jakarta atas tekad tangguh yang dimiliki.

"Kota ini menjadi saksi ratusan ribu jutaan orang datang dengan bekal ala kadarnya dan di kota ini kesempatan dibuka, sehingga bekal itu telah menjadi kemajuan, terjadi perubahan pada kondisi ekonominya," ucap Anies dalam sambutannya sebagai inspektur upacara di Balai Kota, Selasa (22/6/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga kembali mengingatkan, warga Jakarta memiliki karakter khas yaitu keluar dari zona nyaman untuk menghadapi segala tantangan dan terus bangkit.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Generasi Tangguh Hadapi Pandemi

Untuk itu, belajar dari sejarah masyarakat berbondong-bondong datang ke Jakarta dengan modal ala kadarnya, Anies optimis masa pandemi Covid-19 yang sulit saat ini akan mampu dihadapi warga. 

"Ini adalah generasi ulet, generasi ini adalah generasi yang sanggup untuk menghadapi tantangan. Allah mentakdirkan angkatan ini menjadi angkatan yang siap menghadapi pandemi," pungkas dia.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya