Slamet Riyadi: Alat Produksi Pengrajin Genting di Sampang Madura Masih Sangat Minim

Oleh Liputan6.com pada 21 Jun 2021, 14:21 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 14:31 WIB
Slamet Riyadi: Alat Produksi Pengrajin Genting di Sampang Madura Masih Sangat Minim
Perbesar
(Foto:Dok.DPR RI)

Liputan6.com, Jakarta Anggota DPR RI Slamet Ariyadi dari fraksi PAN tinjau langsung ke lapangan para pengrajin UMKM Genting di desa Tlambah kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang.

Anggota komisi IV DPR RI Slamet Ariyadi bersama kru Suara Dapil TVR Parlemen melihat langsung produksi genting yang dilakukan secara manual oleh masyarakat. Slamet Ariyadi pun menemukan beberapa temuan serta mendengarkan keluhan pengrajin serta para Kepala Desa di kecamatan karang penang, sampang.

Hal paling sering dutarakan mereka mengeluhkan produksi genting yang masih dilakukan secara manual dengan peralatan yang sangat terbatas sehingga hasil produksi kurang optimal. Padahal, hasil UMKM genting dari kecamatan karang penang ini sebenarnya sangat berkualitas, terbukti produksi genting dari kecamatan ini sudah di kirim ke beberapa kota di jawa timur bahkan hingga ke jakarta.

"Saya akan membantu dan akan berupaya untuk menyampaikan ke pusat perihal keluhan pengrajin di kecamatan karang penang ini, walaupun tidak terkait dengan bidang di komisi yang saya tempati sekarang" kata Slamet Ariyadi usai meninjau ke lokasi pengrajin genting.

Di masa pandemi ini sektor UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian masyarakat yang masih bertahan, selain sektor pertanian. Kecamatan karang penang memang sejak dulu sangat terkenal dengan pengrajin gentengnya, produksi genteng dari kecamatan ini sangat membantu dalam meningkatkan pendapatan daerah di kabupaten sampang khususnya kecamatan karang penang.

"Kebutuhan saat ini pengrajin genting yaitu mesin pengolah tanah liat yang nantinya lebih memudahkan mereka dalam menyiapkan tanah liat untuk di proses jadi genting," ucap Slamet Ariyadi dari Fraksi PAN ini.

 

(*)

 

Tag Terkait