Anies Baswedan: Jalur Sepeda untuk Kegiatan Transportasi

Oleh Ika Defianti pada 21 Jun 2021, 14:30 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 14:30 WIB
Anies Baswedan
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza mengendarai sepeda di Kawasan Bundaran HI, Selasa (16/6/2020). Anies bersepeda dalam rangka mengajak warga agar selalu menggunakan face shield atau masker saat beraktivitas di luar ruangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sepeda bukanlah hanya bagian dari olahraga tapi sudah masuk transportasi. Dia pun menunjukkan dengan bersepeda untuk menuju ke Balai Kota, Jakarta, Senin (21/6/2021).

Adapun hal ini berdasarkan unggahan video di akun instagram @aniesbaswedan.

Saat perjalanan ke Balai Kota, Anies Baswedan menyebut cuaca pagi itu cerah dan perjalanan lancar. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu melewati jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin.

"Bersepeda itu sesungguhnya lebih dari sekadar berolahraga. Ini bisa jadi alat transportasi. Jadi, ketika kita membangun jalur sepeda ini pun adalah jalur sepeda untuk kegiatan transportasi, bukan sebagai kegiatan sport," kata Anies Baswedan.

Dia juga menyatakan jalur sepeda tersebut dapat memberikan rasa aman kepada pengguna sepeda saat melintasi jalan raya. Menurut Anies, saat ini mulai banyak masyarakat yang menggunakan sepeda untuk ke tempat kerja.

"Makin hari makin banyak yang berangkat dengan sepeda. Dan jalur sepeda pun dirapikan, buat tertib, sehingga semua bisa merasakan dengan aman jalur ini," jelas Anies Baswedan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kegiatan Jarang Dekat

Anies Baswedan mengatakan untuk kecepatan sepeda untuk alat transportasi tidak terlalu tinggi seperti halnya saat digunakan untuk berolahraga.

Selain itu dia juga menyebut aktivitas menggunakan sepeda dapat ikut serta menjadikan udara di Jakarta lebih bersih.

"Buat yang selama ini belum sehari-hari bersepeda, saya ingin anjurkan, kita pakai sepeda untuk kegiatan-kegiatan yang jarak dekat. Kalaupun ke kantor masih jauh, okelah pakai kendaraan bermotor atau kendaraan umum, tapi parkir saja sepeda di tempat kerja. Kalau perlu-perlu pergi yang dekat, bisa pakai sepeda," kata dia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓