Bantu Penuhi Stok Darah, Al Jazeerah dan Alumni SMAN 4 Jakarta Gelar Aksi Donor di Kantor PMI

Oleh Liputan6.com pada 20 Jun 2021, 22:54 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 09:23 WIB
[Bintang] 4 Mitos Puasa yang Sempat Dipercaya Banyak Orang
Perbesar
Ilustrasi donor darah. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan donor darah di Kantor PMI DKI Jakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari aksi sosial yang dilakukan Al Jazeerah Hospitality Management dan alumni SMA Negeri 4, Jakarta, Minggu (20/6/2021).

General Manager Al Jazeerah Hospitality, Miftahurrozi mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari acara Reuni kemanusiaan alumni SMA Negeri 4 Jakarta, yang beberapa diantaranya merupakan pelanggan setia Al Jazeerah Signature Restaurant & Lounge.

"Ini juga merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kehidupan orang lain dan juga merupakan wujud sumbangsih nyata dari karyawan Al Jazeerah Signature dan alumni SMA Negeri 4 Jakarta kepada bangsa Indonesia,” kata Miftahurrozi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/6/2021).

Acara Reuni kemanusiaan ini diselenggarakan di Aula Lantai 5 PMI DKI Jakarta. Selain alumni SMAN 4 Jakarta, para  karyawan Al Jazeerah Signature Restaurant & Lounge juga turut menyumbangkan darahnya.

"Kami sangat mendukung kegiatan donor darah ini sehingga bersedia mendaftarkan diri untuk ikut serta sebagai pendonor,” ucap dia.

Miftahurrozi berharap, kegiatan ini mempertahankan tali silaturahim antara Al Jazeerah Signature dengan para pelanggan setia dari Alumni SMA Negeri 4 Jakarta.

Tak hanya itu, dia juga berjanji akan menjadikan kegiatan donor darah ini menjadi kegiatan yang dilakukan secara rutin dalam kurun waktu 6 bulan sekali.

"Kegiatan ini akan diupayakan baik secara kemitraan ataupun mandiri,” ucap dia.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Butuh 5,5 Juta Kantong Darah

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla juga mengajak seluruh lapisan masyarakat menjaga ketersediaan minimal 5,5 juta kantong darah untuk kebutuhan Indonesia.

Menurutnya, kebutuhan kantong darah sebesar 2 persen dari jumlah total penduduk.

"Jadi kalau di Indonesia penduduknya 227 juta, maka setidaknya kita butuh 5,5 juta kantong darah," kata Jusuf Kalla dalam Webinar Nasional peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2021, seperti dilansir Antara.

Kebutuhan darah tersebut menurut Jusuf Kalla selama ini selalu bisa terpenuhi dengan optimal baik melalui insiatif organisasi, perusahaan maupun masyarakat yang secara sukarela mendonorkan darahnya ke kantor PMI setempat.

Lebih lanjut JK mengatakan, agenda rutin donor darah tersebut biasanya dilakukan pada momentum tertentu, seperti hari ulang tahun perusahaan atau secara teratur mendonorkan darahnya secara bersama.

Namun, kegiatan rutin itu menjadi berkurang akibat pandemi COVID-19. "Selama pandemi ini, donor darah sukarela saja yang secara rutin mendonorkan darahnya itu yang secara rutin terjaga keberlanjutannya."

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya