HUT ke-494 Jakarta, Ondel-Ondel Raksasa Bakal Dipamerkan di TIM

Oleh Liputan6.com pada 20 Jun 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 20 Jun 2021, 13:01 WIB
Pengamen Ondel-ondel di Ibu Kota
Perbesar
Foto pada 10 April 2019, anak-anak beristirahat dari mencari nafkah dengan mengamen ondel-ondel di jalan-jalan Jakarta. Seiring berjalan waktu, ondel-ondel yang dahulu sebagai ikon kesenian Betawi kini mudah ditemui di sejumlah jalan dan gang-gang di antara permukiman warga. (GOH CHAI HIN / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 10 ondel-ondel raksasa setinggi 4,94 meter bakal dipamerkan di Taman Ismail Marzuki (TIM) saat peringatan HUT ke-494 DKI Jakarta pada Selasa 22 Juni 2021.

"Pameran berlangsung mulai 22-30 Juni 2021," kata Manajer Komunikasi Revitalisasi TIM Yeni Fatmawati di Jakarta, melansir Antara, Minggu (20/6/2021).

Ondel-ondel yang dipamerkan yakni masing-masing lima ondel-ondel karakter pria dan lima ondel-ondel karakter wanita. Ondel-ondel dipamerkan di depan plaza gedung parkir pusat kesenian.

Menurut Yeni, pameran ondel-ondel tersebut terwujud atas inisiatif Majelis Seniman Masjid Amir Hamzah TIM berkolaborasi dengan Yayasan Jakarta Sigap Senusa (JSS) yang didukung BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Tujuan pameran ini pertama untuk merayakan HUT Jakarta dengan salah satu ikonnya ondel-ondel dan sekaligus memberdayakan seniman terdampak Covid-19," papar dia.

JSS, kata Yeni, merupakan agregator untuk program Kolaborasi Sosial Berskala Besar/KSBB UMKM berperan dalam pendampingan untuk membangkitkan ekonomi kecil para seniman sesuai tema HUT DKI tahun ini Jakarta Bangkit.

 

Selesaikan Pengerjaan Ondel-Ondel

Cerita di Balik Ondel-Ondel Berbagi Makanan Berbuka Puasa Gratis di Jalanan
Perbesar
Ondel-ondel berbagi makanan buka puasa gratis. (dok Ajri Fathurrahman/Muhammad Thoifur)

Menjelang pameran di TIM, seniman sekaligus perajin ondel-ondel, Suprayogi sedang menuntaskan pembuatan ikon dan budaya khas Betawi itu.

Saat ini, pengerjaan ondel-ondel tersebut dalam tahap pembuatan rangka dari bambu, desain wajah dan pakaian serta pernak-pernik hiasan pelengkap boneka raksasa itu.

Pembuatan ondel-ondel tersebut melibatkan sekitar 25 orang perajin kecil di Jakarta, yang mengerjakan secara terpisah untuk beberapa bagian ondel-ondel.

"Kami berharap pameran ini membangkitkan kembali marwah ondel-ondel dan juga seniman," kata dia ketika ditemui di kediamannya sekaligus gerai produksi ondel-ondel di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu 19 Juni 2021.

Akhir Riwayat Pengamen Ondel-Ondel di Ibu Kota

Infografis Akhir Riwayat Pengamen Ondel-Ondel di Ibu Kota. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Akhir Riwayat Pengamen Ondel-Ondel di Ibu Kota. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓