Siloam Hospitals Bantah Kabar Ada Karyawan Terpapar Covid-19

Oleh Delvira Hutabarat pada 19 Jun 2021, 21:07 WIB
Diperbarui 21 Jun 2021, 14:13 WIB
Tekan Penyebaran Covid-19, Lippo Siapkan Area 74 Mall di Indonesia
Perbesar
Lippo Malls, Siloam Hospitals Group dan Kementerian Kesehatan merealisasikan target nasional 1 juta vaksinasi per hari dengan menyiapkan area 74 mal di seluruh Indonesia dan tenaga medis vaksinasi yang disiapkan dari 39 rumah sakit. (Liputan6.com/Pool) 

Liputan6.com, Jakarta Beredar kabar bahwa ada 40 karyawan Siloam Hospitals terpapar Covid-19. Bahkan, disebutkan salah satunya ada dokter ahli yang juga terinfeksi virus Corona.

Melalui siaran pers yang diterima, Siloam Hospitals membantah kabar terpaparnya para karyawan akan positif Covid-19.

"Kecemasan dan rumor yang tidak benar dapat menghambat upaya kita dalam memerangi pandemi. Untuk itu, kami mohon dan mengimbau masyarakat untuk tidak mudah panik dan terpancing dengan berita tidak resmi dan tidak meneruskan berita yang dapat menimbulkan keresahan," demikian keterangan pihak Siloam Hospitals yang diterima Liputan6.com, Sabtu (19/6/2021).

Berikut pernyataan lengkap Siloam Hospital:

1. Siloam Hospitals Lippo Village tetap membuka pelayanan untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

2. Sejak awal pandemi, Siloam Hospitals Group telah proaktif untuk memastikan keselamatan dan keamanan pasien, dokter, perawat, dan staf. Siloam Hospitals rutin melakukan tes Covid-19 secara berkala kepada seluruh dokter, perawat, dan staf. Sesuai dengan laju pertumbuhan kasus yang tajam di beberapa minggu terakhir, Siloam Hospitals sudah meningkatkan intensitas skrining dokter dan karyawan untuk memastikan keamanan pasien dan staf.

Jika hasil tes positif dan hasil pemeriksaan menunjukkan gejala tertentu, isolasi akan segera dilakukan terhadap tenaga kesehatan dan staf tersebut. Tenaga kesehatan dan staf di seluruh Siloam Hospitals juga selalu dilengkapi dengan APD (alat pelindung diri) dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

3. Kecemasan dan rumor yang tidak benar dapat menghambat upaya kita dalam memerangi pandemi. Untuk itu, kami mohon dan mengimbau masyarakat untuk tidak mudah panik dan terpancing dengan berita tidak resmi dan tidak meneruskan berita yang dapat menimbulkan keresahan.

4. Mari tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19:

- Memakai masker

- Mencuci tangan dengan baik dan benar

- Menjaga jarak

- Menghindari kerumunan

- Membatasi mobilisasi

Terima kasih atas kepercayaan Anda terhadap Siloam Hospitals. Mari bersama-sama kita menaati protokol kesehatan dan imbauan pemerintah, serta memberikan dukungan dan doa bagi seluruh rumah sakit dan tenaga kesehatan di Indonesia yang berjuang di garis depan untuk melayani pasien.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓