Sukses

Diberi Gelar Adat Lampung, Erick Thohir Diangkat Jadi Adik Zulkifli Hasan

Erick Thohir mengaku sangat bersyukur dan bahagia menerima gelar adat dari marga Dantaran, Lampung Selatan. Dia menyebut adat dan budaya harus menjadi visi semua masyatakat.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir diberi gelar adat kehormatan oleh masyarakat adat Lampung marga Dantadan, Sabtu (19/6/2021).

Dengan diberikannya gelar ini, Erick Thohir diangkat sebagai kerabat keluarga besar marga Dantaran.

Selain itu. Erick Thohir juga dinobatkan sebagai raden bangsawan dan adik langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan secara adat. Dalam adat marga Dantaran Lampung Selatan, Zulhas sendiri memiliki gelar Batin Eka Perkasa yang merupakan penghormatan untuk bangsawan atau raja.

Zulhas menyampaikan bahwa pemberian gelar adat ini bukan hanya seremoni belaka. Menurut dia, pemberian gelar ini sekaligus untuk mengajak para pemimpin negeri menjaga kelestarian adat dan Budaya.

"Ini amanat konstitusi. Amanat undang-undang. Adat dan budaya bangsa harus kita lestarikan berasama, karena ini bagian dari nilai-nilai luhur bangsa kita," kata Zulhas dikutip dari siaran persnya, Sabtu (19/6/2021).

Sementara itu, Erick Thohir mengaku sangat bersyukur dan bahagia menerima gelar adat dari marga Dantaran, Lampung Selatan. Dia menyebut adat dan budaya harus menjadi visi semua masyatakat.

"Jelas ini sebuah kehormatan, Raden Bangsawan, apalagi menjadi adik langsung dari Pak Zul dengan gelar Batin Eka Perkasa. Memang adat dan budaya ini harus menjadi visi kita semua," jelasnya.

"Visi untuk mengerjakan pembangunan. Kita tidak ingin Indonesia maju, tetapi meninggalkan adat dan budaya. Tidak mau revolusi industri 4.0 terus dikejar, tetapi anak-anak muda kita lupa pada budaya bangsanya," sambung Erick.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberian Gelar di Lampung Selatan

Adapun upacara pemberian gelar adat ini diselenggarakan di SMA Kebangsaan, Kalianda, Lampung Selatan. Seluruh rangkaian acara dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, dimana semua tamu yang hadir diwajibkan melakukan test swab antigen.

Pemberian gelar adat Lampung Selatan kepada Erick Thohir ini merupakan peristiwa sakral sekaligus penting. Lantaran dinilai menjadi simbol kelahiran Erick Thohir secara politik sebagai orang Lampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.